kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,31   1,67   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buy saham MIKA, berikut alasannya


Rabu, 26 April 2017 / 20:55 WIB
Buy saham MIKA, berikut alasannya


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk terus melakukan ekspansi usaha untuk memperkuat lini bisnis rumah sakit. Emiten dengan kode saham MIKA ini menargetkan akan menambah 6 rumah sakit baru hingga 2020, selain itu akan menambah kapasitas tempat tidur.

Dengan rencana ini tentunya kinerja MIKA ke depannya diprediksi akan lebih ciamik. Apalagi kinerja emiten rumah sakit ini cukup bagus di tahun kemarin, pendapatan tumbuh 13,8% menjadi Rp 2,43 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 2,14 triliun dan laba bersih naik 22,7% menjadi Rp 695,4 miliar dari tahun sebelumnya Rp 566,8 miliar.

Pertumbuhan pendapatan MIKA didorong oleh beberapa faktor di antaranya yaitu kenaikan volume pasien, stabilnya kenaikan beds occupancy rate (BoR) di tengah bertambahnya operating bads. Selain itu outpatient visits juga tetap bertumbuh dan dua rumah sakit baru juga memberikan kontribusi pada pertumbuhan MIKA.

Analis Samuel Sekuritas, Akhmad Nurcahyadi berpendapat komitmen MIKA untuk ekspansi enam rumah sakit hingga 2020 di wilayah Jabodetabek dan Surabaya akan menjadi penjaga pertumbuhan compound annual growth rate (CAGR) ke depannya. Dua rumah sakit baru yaitu rumah sakit ke 13 dan 14 ditargetkan akan beroperasi pada awal 2018 mendatang.

"Penambahan beds capacity yang masih mencukupi di eksisting portofolio RS MIKA akan ikut mendorong stabilnya pertumbuhan laba hingga ekspansi selesai," ujar Akhmad dalam rilisnya pada 30 Maret 2017.

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji menyampaikan tahun ini MIKA akan melakukan ekspansi dua rumah sakit baru, dana yang akan diinvestasikan untuk pembangunan berasal dari belanja modal sebesar Rp 500 miliar. "Langkah ini diyakini dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke depannya," ujarnya kepada KONTAN, Rabu (26/4).

Tidak hanya fokus ke pembangunan dua rumah sakit, menurut analis Trimegah Securities Patricia Gabriela, MIKA juga tahun ini akan fokus untuk melakukan akuisisi dan membangun rumah sakit khusus untuk pasien BPJS. Hal ini dalam rangka menangkap peluang pendapatan dari peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Capex untuk membangun rumah sakit BPJS ini sekitar Rp 80 miliar - Rp 100 miliar lebih rendah dibanding rumah sakit biasa Rp 225 miliar - Rp 300 miliar," ujar Patricia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×