: WIB    --   
indikator  I  

Bursa Jepang melorot akibat penurunan minyak

Bursa Jepang melorot akibat penurunan minyak

TOKYO. Bursa Jepang melorot setelah harga minyak dunia jatuh ke level terendah dalam lima tahun terakhir pada transaksi perdagangan hari ini (11/12). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks Topix Jepang turun 0,7% menjadi 1.397,04.

Dengan demikian, bursa Jepang melorot selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,9% menjadi 17.257,40.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Jepang. Beberapa di antaranya yakni: Inpex Corp yang turun 1,1%, JGC Corp turun 2,2%, dan Japan Airlines naik 3,2%. "Penurunan harga minyak mulai berdampak negatif kepada pasar, khususnya saham-saham berbasis energi yang turun baik di Jepang maupun secara global," jelas Soichiro Monji, chief strategist Daiwa SB Investments Ltd di Tokyo.

Dia juga menambahkan, ada pula faktor lainnya berupa kecemasan mengenai perlambatan ekonomi negara-negara pengekspor minyak seperti Rusia, Australia, dan Brazil. Asal tahu saja, harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) hari ini masih diperdagangkan mendekati level terendahnya sejak Juli 2009 setelah melorot 4,5% kemarin ke level US$ 60,94 per barel.

 


SUMBER : Bloomberg
Editor Barratut Taqiyyah

BURSA JEPANG

Feedback   ↑ x
Close [X]