kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri (BMRI) genjot kredit korporasi ke tiga sektor ini


Kamis, 26 September 2019 / 15:46 WIB
Bank Mandiri (BMRI) genjot kredit korporasi ke tiga sektor ini
ILUSTRASI. Bank Mandiri


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI anggota indeks Kompas100) bakal memperluas cakupan kredit korporasinya ke beberapa sektor baru seperti pariwisata, sawit (CPO), dan pertambangan.

Direktur Corporate Banking BMRI Royke Tumilaar mengakui semester II 2019 ini penuh tantangan karena kondisi global dan dalam negeri yang mempengaruhi pengusaha sangat berhati-hati alias wait and see untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Private placement, Terregra Asia Energy (TGRA) akan minta restu pemegang saham

“Hal ini dibuktikan walaupun sedang ada tren penurunan suku bunga permintaan kredit tidak seperti ekspektasi. Saya rasa hal ini juga dipengaruhi banyak faktor seperti situasi politik yang terjadi,” jelasnya saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (26/9).

Royke mengakui di semester II ini pengusaha masih menunggu kabinet kerja rampung untuk mengetahui dengan jelas proyek apa yang akan dijalankan ke depannya. Adapun Royke memproyeksikan pertumbuhan kredit korporasi BMRI di semester II 2019 hanya tumbuh 10% lebih sedikit.  

Tantangan tersebut membuat BMRI harus mengatur strategi lain demi menumbuhkan kredit perseroan di masa mendatang. Royke bilang BMRI sedang mencoba masuk ke tiga sektor baru yakni pariwisata, downstream CPO, dan pertambangan.  

Royke menjelaskan selama ini ekspansi kredit Bank Mandiri banyaknya ke sektor perkebunan, infrastruktur, powerplant, dan pelabuhan. Namun, ke depannya BMRI akan lebih gesit ekspansi ke sektor pariwisata mengingat saat ini sedang gencarnya dibangun infrastruktur, seperti akses bandara dan jalan tol. Royke melihat peluang pembangunan ini akan membuat sektor pariwisata makin bergairah.

Baca Juga: Summarecon Agung (SMRA) akan merilis obligasi Rp 700 miliar bulan depan

Kemudian untuk sektor lain seperti pertambangan, menurut Royke BMRI akan memberikan kredit bank ke perusahaan yang berencana membangun smelter. Sebab saat ini perusahaan-perusahaan tambang sedang didorong untuk membangun smelter

Royke bilang, kalau memang pembangunan smelter-nya positif tentunya BMRI tidak segan memberikan kredit.

Ia menyatakan tiga sektor baru yang akan dijajaki ini baru akan terealisasi di 2020 sebab di sisa 2019 ini  BMRI masih survey dan evaluasi.  

Royke mengakui kalaupun nanti terealisasi dia memproyeksikan kontribusi kredit perseroan ke pariwisata tidak sampai 50%. Royke masih melihat bagaimana kemampuan investor domestik dan asing dalam ekspansi bisnisnya.

Sejauh ini, Royke menyatakan survei BMRI masih di perusahaan dalam negeri dan belum ada penjajakan atau due diligence ke perusahaan manapun. Semua masih dalam tahap rencana dan riset, belum ada yang serius atau mengikat.  

Baca Juga: Indika Energy (INDY) tambah kepemilikan saham di Nusantara Resources Limited

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×