kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun pabrik baru, Pelangi Indah Caninco (PICO) menyiapkan dana Rp 50 miliar


Minggu, 01 September 2019 / 07:01 WIB
Bangun pabrik baru, Pelangi Indah Caninco (PICO) menyiapkan dana Rp 50 miliar
ILUSTRASI. Produk PT Pelangi Indah Canindo Tbk


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen kemasan logam PT Pelangi Indah Canindo Tbk (PICO) berencana membangun pabrik dan membeli mesin baru pada semester kedua tahun ini. 

Sekretaris Perusahaan PICO Anton Hidayat menjelaskan, pada paruh kedua tahun ini PICO masih fokus ekspansi dengan menambah pabrik baru yang berlokasi di Marunda, Jakarta Utara.

“Modal yang dikeluarkan PICO sekitar Rp 50 miliar dan sumber dana dari kas internal dan sebagian besar atau 70% dari pinjaman bank,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (31/8). 

Anton menyatakan, sebagian mesin akan dipindahkan dari pabrik lama di Jatiuwung, Cikupa ke pabrik baru. Tapi, PICO masih akan perlu menambah mesin baru.

Namun, Anton belum bisa merinci berapa banyak mesin baru yang akan dibeli karena masih dalam perhitungan. Pabrik baru ini ditargetkan bisa mulai beroperasi di akhir tahun ini. Nantinya pabrik baru akan melayani permintaan di daerah Plumpang sementara itu pabrik di Cikupa akan melayani wilayah Cilegon. 

Anton bilang dari belanja modal yang disiapkan PICO untuk tahun ini sudah terserap hingga 50%-60% dan sebagian besar untuk membiayai pabrik baru dan mesin baru. PICO dapat menghemat biaya distribusi sampai 60% setelah adanya pabrik baru di Jakarta. 

Sebelumnya Kontan pernah melaporkan pada semester I 2019 ini PICO berhasil membukukan penjualan yang tumbuh hingga 253% yoy menjadi Rp 569 miliar dari sebelumnya Rp 161 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena Pertamina memperbarui kerjasamanya. Adapun ada potensi pembelian dari Shell. 

Pertumbuhan pendapatan ini turut menumbuhkan laba PICO hingga 176% yoy dari sebelumnya Rp 3,8 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp 10,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×