kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis sarankan buy saham BRPT, ini alasannya


Selasa, 25 April 2017 / 22:36 WIB
Analis sarankan buy saham BRPT, ini alasannya


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang merupakan holding dari sejumlah unit usaha terus memperkuat lini bisnisnya. Perusahaan dengan kode BRPT ini mencoba masuk ke bisnis energi dengan mengakuisisi sebagian besar saham Star Energy Group Holdings Pte Ltd (SEGHL).

Pada 21 Maret 2017 lalu, BRPT telah menandatangani supplemental memorandum of understanding (MoU) dengan dua pemegang saham SEGHL, yakni Star Energy Investment Ltd dan SE Holdings Limited. Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sebab antara BRPT, Star Energy Investment Ltd dan SE Holdings Limited dikendalikan pihak yang sama yaitu Prajogo Pangestu.

Barito telah membayarkan uang muka sebesar US$ 58,60 juta yang diambil dari fasilitas pinjaman Bangkok Bank Public Company Limited senilai US$ 60 juta pada 21 Desember lalu. Selain itu BRPT juga akan menjaminkan 850 juta saham TPIA untuk mendapatkan pinjaman sekitar US$ 300 juta dari sindikasi bank.

Analis OSO Sekuritas, Riska Afriani berpendapat dengan akuisisi Star Energi tentunya kinerja BRPT akan semakin positif sebab, industri ketenagalistrikan di Indonesia masih akan bertumbuh. Diversifikasi usaha BRPT juga semakin menarik karena akan berkontribusi terhadap pendapatan BRPT ke depannya. "Saat ini mayoritas pendapatan BRPT dari petrokimia," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (25/4).

Sementara analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menilai BRPT telah berhasil melakukan transformasi dari bisnis perkayuan ke bisnis industri kimia pendukung. Apalagi bahan olahan kimia plastik dan karet sintetis banyak dibutuhkan oleh berbagai industri terutama industri manufaktur. Dan saat ini BRPT mencoba masuk ke bisnis energy dengan mengakuisisi Star Energy.

"Ini tentunya akan banyak memberikan nilai tambah. Terutama untuk pengembangan bisnis power plant," ujar Reza.

Analis NH Korindo Sekuritas, Raphon Prima mengatakan Star Energy memiliki aset di sektor minyak dan gas, panas bumi dan metana berjenis batubara. Dengan akuisisi ini tentunya akan memberikan nilai tambah Bagi BRPT. "Apalagi Star Energy pada bulan Desember 2016 lalu melaksanakan perjanjian untuk membeli lokasi panas bumi Cevron di Indonesia dan Filiphina," ujar Raphon.

Tak hanya itu saja, saat ini kinerja BRPT ditopang oleh akan usahanya yaitu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Pertumbuhan TPIA yang cepat terutama setelah penyelesaian proyek peningkatan kapasitas Naphta Cracker mendorong kinerja BRPT yang cukup bagus.

Tahun ini Raphon menargetkan pendapatan BRPT sebesar US$ 2,04 miliar naik 3,7% dibandingkan pendapatan tahun lalu sebesar US$1,96 miliar. Sedangkan untuk laba bersih ditargetkan akan naik 24,2% menjadi US$159 juta dari tahun lalu yang berhasil membukukan senilai US$128 juta.

Riska juga bilang hal sama kinerja BRPT tahun lalu itu sangat bagus di mana pendapatan tumbuh 39,5% menjadi Rp 1,96 miliar dan membukukan laba bersih US$ 131,7 juta dari sebelumnya rugi US$ 9,9 juta. Kontribusi utama dari pendapatan konsolidasi BRPT yaitu dari bisnis petrokimia, segmen ini menyumbang 98,4% dari pendapatan perseroan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×