kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Kinerja oke, saham Indofood (INDF) & Indofood CBP (ICBP) maintain buy


Rabu, 31 Juli 2019 / 19:59 WIB
Analis: Kinerja oke, saham Indofood (INDF) & Indofood CBP (ICBP) maintain buy


Reporter: Aloysius Brama | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) di semester pertama dinilai oleh analis sudah sesuai dengan ekspektasi pasar.

Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana bahkan menyebut, kinerja INDF lebih daripada ekspektasi. “Pasalnya, INDF diperkirakan akan tertekan lantaran harga crude palm oil (CPO) belum pulih,” terang Wawan kepada Kontan.co.id, Rabu (31/7).

Baca Juga: Laba London Sumatra (LSIP) merosot 95% akibat penurunan harga jual

Sebagaimana diketahui setidaknya ada dua entitas anak INDF yang tercatat di bursa yakni PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). Di semester satu ini SIMP mencatatkan kerugian Rp 310,18 miliar. Penjualan SIMP turun tipis 0,83% dari Rp 6,55 triliun di tahun 2018 menjadi Rp 6,50 triliun di semester pertama tahun ini.

Laba LSIP tertekan hingga 95%. Semester satu tahun ini, LSIP membukukan laba sebesar Rp 10,48 miliar dari laba semester pertama tahun lalu Rp 224,92 miliar.

Baca Juga: Semester I-2019, kinerja Indofood Sukses Makmur (INDF) dan Indofood CBP (ICBP) moncer

Meski begitu, tekanan pada komoditas crude palm oil (CPO) bagai pedang bermata dua bagi grup Indofood. Analis BNI Sekuritas William Siregar mengatakan, sejatinya INDF bisa meraup berkah dari turunnya harga sawit. “Ongkos bahan baku bisa lebih minim,” kata William kepada Kontan.co.id, Rabu (31/7).

William menyebut, lini bisnis agrikultur INDF tidak terlalu signifikan. Kontribusinya hanya sekitar 19%-20% dari total lini bisnisnya. “Sehingga meski turun, ada entitas anak lain seperti Bogasari dan ICBP yang kontribusinya lebih besar dan mengalami pertumbuhan,” kata William.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×