: WIB    —   
indikator  I  

Analis: Berkah S&P ke IHSG

Analis: Berkah S&P ke IHSG

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (19/5) ditutup menguat secara signifikan ke level ditutup terbang 2,59% atau 146,433 poin ke level 5.791,884.

Analis NH Korindo, Bima Setiaji bilang penguatan ini didorong oleh sentiment S&P yang menaikkan peringkat Indonesia menjadi BBB- atau Investment Grade dengan Outlook Neutral. Dengan demikian Indonesia telah memiliki lima peringkat investment grade dari beberapa lembaga.

"Moody's dan Fitch bahkan telah memberikan Outlook Positive yang menandakan ada kemungkinan peringkat Investment Grade Indonesia naik lebih tinggi dari saat ini," ujar Bima kepada KONTAN, Jumat (19/5).

Menurut Bima upgrade ini akan mendatangkan capital inflow lebih banyak terutama dari dana pensiun Jepang yang merupakan dana pensiun terbesar di dunia baik ke obligasi maupun ke saham.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Taye Shim mengungkapkan status investment grade ini mencerminkan sejumlah reformasi yang telah dilakukan pemerintah Presiden Joko Widodo. “Kami berharap  ini memberikan iklim investasi yang positif bagi Indonesia,” ujarnya.

Dengan meraih investment grade ini memungkinkan akses Indonesia ke basis investor yang lebih luas lagi. “Kami berharap sektor konsumer dan perbankan menjadi penerimaan manfaat terbesar, karena menguatnya nilai tukar rupiah dan mengarah kepada peningkatan daya beli konsumen,” katanya. 


Reporter Hasyim Ashari
Editor Yudho Winarto

IHSG

Feedback   ↑ x
Close [X]