: WIB    —   
indikator  I  

Analis: Asing berangsur masuk ke pasar saham

Analis: Asing berangsur masuk ke pasar saham

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemodal asing berturut-turut mencatatkan pembelian bersih alias (net buy) sejak Rabu (22/11). Pada Jumat (24/11), asing kembali mencatatkan net buy sebesar Rp 676 miliar.

Dengan adanya net buy tersebut, nilai penjualan asing (net sell) di bursa saham domestik kini menyusut menjadi Rp 27,25 triliun sepanjang tahun berjalan.

Secara year to date, di pasar reguler, asing justru sudah mencatatkan net buy sebesar Rp 1,7 triliun. Namun demikian, di pasar negosiasi, investor asing masih mencatatkan net sell sebesar Rp 28,94 triliun.

Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee mengatakan, saat ini, net sell oleh investor asing sudah mulai mencatatkan pengurangan. Untuk selanjutnya, kemungkinan net sell asing sudah akan mulai terbatas di sisa tahun ini.

"Sedikit-sedikit, asing juga sudah mulai masuk, dengan suku bunga yang sudah mulai turun. Asing sudah melirik equity market," kata Hans kepada KONTAN, Jumat (24/11). Lagipula, lanjutnya, net sell asing sejumlah Rp 30 triliun tersebut juga termasuk crossing dari tax amnesty.

Saat ini, menurutnya, sedikit demi sedikit dana asing sudah masuk ke pasar saham, setelah melakukan profit taking usai Indonesia meraih investment grade. Sebelumnya, investor mengalihkan kebanyakan dananya ke pasar obligasi.

Meski demikian, Hans tetap melihat bahwa posisi beli asing ini masih terganggu dengan beberapa sentimen negatif, terutama karena valuasi indeks Indonesia yang dinilai sudah terlalu mahal.

Namun, lanjut Hans, kesempatan bisa diraih oleh emerging market seperti Indonesia, setelah kabar bunga acuan Fed yang berpotensi naik hingga tiga kali, normalisasi rencana Fed dan kebijakan pajak di Amerika.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Dupla Kartini

BURSA EFEK / BURSA SAHAM

Feedback   ↑ x
Close [X]