kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45984,87   -5,50   -0.56%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AKR Corporindo memastikan margin terjaga


Minggu, 13 Mei 2018 / 19:57 WIB
AKR Corporindo memastikan margin terjaga
ILUSTRASI. KAWASAN INDUSTRI JIIPE GRESIK


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) telah resmi menjadi salah satu lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) satu harga untuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia. Harga BBM yang dijual tetap sama meski medannya sulit dan jarak yang jauh.

Meski demikian, manajemen memastikan margin bisnis perusahaan tetap terjaga. "Kami tidak rugi, masih ada margin sekitar 5%-10%," ujar Direktur AKRA Suresh Vembu kepada KONTAN akhir pekan lalu, Jumat (11/5).

Tak bisa dipungkiri, bukan perihal yang mudah untuk menjangkau daerah 3T. Bukan hanya masalah jarak, tapi juga karena sulitnya medan. Sehingga, kalau pun terjangkau, itu membutuhkan biaya distribusi dan logistik yang tidak sedikit.

Suresh tak menampik hal tersebut. "Tapi, nanti ada sebagian biaya logistik yang juga ditanggung pemerintah," imbuh Suresh.

Sehingga, potensi tambahan biaya itu tak mengganggu margin perusahaan. Namun, dia masih merahasiakan berapa margin yang didapat dari penjualan BBM harga konvensional. "Tidak berbeda jauh dengan margin BBM satu harga," kata Suresh.

Berdasarkan laporan keuangan AKRA kuartal I 2018, penjualan dari segmen distribusi, termasuk BBM dan bahan kimia, tercatat Rp 5,59 triliun.

Dengan perolehan laba Rp 299,32 miliar dari penjualan tersebut, maka margin labanya sekitar 5%. Margin ini turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, sekitar 6%.

Secara konsolidasi, penjualan AKRA kuartal I tahun ini tumbuh 34% menjadi Rp 5,83 triliun dari sebelumnya Rp 4,34 triliun.

Manajemen menargetkan pertumbuhan penjualan konsolidasi minimal sekitar 20% tahun ini. Namun, Suresh masih merahasiakan target pertumbuhan laba perusahaan.

Sebagai bagian dari partisipasi aktif AKRA dalam menjalankan Program Pemerintah BBM Satu Harga, sebagaimana Instruksi Presiden Joko Widodo, AKRA secara aktif mengembangkan lembaga-lembaga penyalurnya di beberapa wilayah. 

Beroperasinya SPBKB Way Tenong ini merupakan pengoperasian Lembaga Penyalur BBM Satu Harga yang keempat bagi AKRA. Sebelumnya, AKRA telah mendirikan dan mengoperasikan tiga SPBKB Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang, di Provinsi Kalimantan Barat.

Saat ini AKRA sedang menyelesaikan perizinan dan pembangunan lima Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di wilayah 3T tahun 2018 ini. Kelimanya adalah, satu outlet SPBKB di Propinsi Lampung yaitu di Kabupaten Pesisir Barat dan empat outlet di Provinsi Kalimantan Barat yaitu di Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×