kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yield SUN kembali naik respon atas ulah Trump soal AS-China


Rabu, 13 November 2019 / 23:11 WIB
Yield SUN kembali naik respon atas ulah Trump soal AS-China
ILUSTRASI. Lelang Surat Utang Negara (SUN): Perdagangan Surat Utang Negara (SUN) di ruang treasury Bank OCBC NISP, Jakarta Selatan, Selasa (9/8). Meski masih dibayangi Sentimen negatif, SUN masih cukup diminati oleh investor. Hal tersebut terlihat dari lelang SUN (9


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesepakatan dagang Amerika Serikat (AS) dan China yang tak kunjung diteken kedua belah pihak menyulut kembali eskalasi ketegangan kedua negara tersebut.

Pasar obligasi pun merespon negatif kondisi tersebut, Presiden AS Donald Trump terus melemparkan pernyataan kontroversial.

Baca Juga: Wall Street tergelincir gara-gara pidato Trump dan Hong Kong kian mencekam

Tercatat, Credit Default Swap (CDS) atau indeks persepsi risiko investasi milik Indonesia naik sejak awal pekan ini. Berdasarkan Bloomberg, Rabu (13/11) CDS Indonesia tenor 5 tahun tercatat naik ke level 73,62 dari level terendah di Jumat (8/11).

Kenaikan juga terjadi pada CDS Indonesia tenor 10 tahun juga naik ke level 139,02 per Selasa (12/11) dari akhir pekan lalu berada di level terendah di 134,75.

Persepsi risiko investasi Indonesia yang tampak buruk ini membuat yield Surat Utang Negara (SUN) acuan naik. Sejak awal pekan ini, yield SUN menjauhi level 6% dan naik ke level 7,03% per Rabu (13/11).

Baca Juga: Trump bikin ulah, harga minyak melorot

Reita Farianti, Presiden Direktur BNI Asset Management mengatakan yield kembali naik meski suku bunga dalam tren menurun karena tensi geopolitik antara AS dan China memanas akibat belum disetujuinya fase pertama kesepakatan dagang.

"Risiko ini membuat naiknya volatilitas pasar, alhasil yield US Tresury tenor 10 tahun dan global termasuk Indonesia juga naik," kata Reita, Rabu (13/11).

Kompak, Direktur Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto menambahkan, ketidakstabilan pasar muncul kembali setelah AS mengancam akan menaikkan bea masuk impor China secara signifikan jika kesepakatan dagang tak kunjung diteken.

Pernyataan Trump yang kontroversial seperti menyebut China curang juga menambah ketidakpastian pasar global.

Baca Juga: Besok, rupiah berpeluang kembali melemah karena sentimen AS

Selain, sentimen eksternal, Ramdhan mengamati yield berbalik naik karena juga terpengaruh sentimen teknikal setelah yield terus turun akibat penurunan suku bunga. "Sebagian memang ada investor yang melakukan aksi profit taking," kata Ramdhan.

Head of Fixed Income Fund Manager Prospera Asset Management Eric Sutedja juga mengatakan yield naik secara teknikal di saat harga obligasi sudah terus naik sejak awal Oktober.




TERBARU

[X]
×