kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor: Penghapusan kode broker tidak berpengaruh banyak


Rabu, 24 Februari 2021 / 22:21 WIB
Investor: Penghapusan kode broker tidak berpengaruh banyak
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menghilangkan kode broker dalam running trade di sistem perdagangan saham.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menghilangkan kode broker dalam running trade di sistem perdagangan saham. Rencananya, kebijakan baru ini akan berlaku mulai 26 Juni mendatang.

Selama ini, kode broker selalu berdampingan dengan jumlah volume saham baik yang dijual maupun dibeli. Hal ini kerap kali menjadi ajang bagi pihak tertentu untuk menggiring pasar ke saham tertentu (herding behaviour).

Meski begitu, hilangnya kode broker hanya berlangsung selama jam perdagangan. Broker yang paling banyak menjual atau beli saham masih bisa terlihat, tapi setelah penutupan perdagangan sesi kedua.

Nadia, salah satu investor berpengalaman menyebut, penghapusan kode broker menurutnya tidak terlalu berpengaruh bagi investor ritel yang memang niat investasi bukan sekadar ikut-ikutan tren. "Paling, hanya seperti blind date saja, siapa yang didekati, siapa yang dibuang," ujar dia kepada Kontan.co.id, Rabu (24/2).

Baca Juga: Kabar baik buat investor, BEI berencana memperpanjang durasi order saham sampai cocok

Namun, dia memperkirakan kebijakan tersebut akan membuat bandar cukup pusing. "Karena barangnya bisa ilang, atau justru makan barang sendiri," tandasnya.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menjelaskan, kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan tata kelola pasar yang baik (market governance). "Salah satu caranya dengan mengurangi herding behaviour," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (24/2).

Menyusul kebijakan penghapusan kode broker, BEI juga akan menutup tipe investor. Kebijakan ini mulai efektif enam bulan setelah kebijakan terkait penghapusan kode broker berjalan.

Baca Juga: Mulai akhir Juni, BEI menghapus kode broker dalam running trade

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×