kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duh, belum sampai eksekusi, rencana penghapusan kode broker sudah mendapat penolakan


Rabu, 24 Februari 2021 / 22:29 WIB
Duh, belum sampai eksekusi, rencana penghapusan kode broker sudah mendapat penolakan
ILUSTRASI. BEI berencana menghapus kode broker di running trade di sistem perdagangan saham.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menghapus kode broker di running trade di sistem perdagangan saham. Belum juga terealisasi, rencana ini sudah mendapat penolakan dari sejumlah kalangan investor.

Penolakan tersebut terungkap dalam petisi online bertajuk Tolak Kebijakan BEI Terkait Penutupan Kode Broker & Tipe Investor melalui situs Change.org. Petisi ini nampaknya dilayangkan oleh investor yang menganut paham bandarmology.

Baca Juga: Investor: Penghapusan kode broker tidak berpengaruh banyak

Berikut isi petisi tersebut:

"Tahun 2021 merupakan tahun yang cukup menantang bagi investor ritel. Seperti yang kita ketahui, harga saham rata-rata sudah naik tinggi di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan banyak saham yang sudah all time high.

Maka diperlukan analisa yang mendalam baik analisa secara fundamental, teknikal, maupun bandarmology sebelum membeli saham-saham tersebut agar tidak nyangkut di pucuk. Dan ketiga analisa tersebut merupakan satu kesatuan yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut saya, kebijakan BEI terkait 'Penutupan Kode Broker dan Tipe Investor' dalam running trade di sistem perdagangan saham yang akan dimulai tanggal 26 Juli 2021, saya rasa tidak berpihak dan sangat merugikan investor/trader ritel. Karena broker summary (broksum) merupakan salah satu alat yang biasanya di gunakan sebelum membeli saham oleh trader, baik trader harian, trader BPJS (beli pagi jual sore) atau BSJP (beli sore jual pagi), swinger maupun trend follower.

Analisa bandarmology dengan cara melihat kode broker dan tipe investor terutama saat jam bursa mempunyai peran penting supaya kita bisa tahu harga pergerakan saham tersebut, apakah sedang di akumulasi atau distribusi.

Dan jika BEI menutup kode broker dan tipe investor saat jam bursa, sama saja BEI secara paksa menutup mata para trader dalam jual beli saham. Sehingga analisa saat proses jual beli saham kurang maksimal dan bisa mengakibatkan kerugian.

Selain itu, saya rasa BEI juga akan kehilangan pundi-pundi dari transaksi harian para trader yang pastinya akan menurun drastis jika peraturan penutupan kode broker dan tipe investor saat jam bursa di terapkan.

Mohon kebijaksanaannya BEI untuk membatalkan peraturan 'Penutupan Kode Broker dan Tipe Investor' yang akan dimulai tanggal 26 Juli 2021."

Butuh 1.000 tanda tangan untuk petisi tersebut. Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 673 orang yang menandatangani dan jumlahnya terus merangkak naik.

Baca Juga: Mulai akhir Juni, BEI menghapus kode broker dalam running trade

Baca Juga: Kabar baik buat investor, BEI berencana memperpanjang durasi order saham sampai cocok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×