kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zebra Nusantara (ZBRA) akan rights issue maksimal 400% dari modal disetor


Rabu, 19 Mei 2021 / 06:20 WIB
Zebra Nusantara (ZBRA) akan rights issue maksimal 400% dari modal disetor


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.

Emiten ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 3,42 miliar saham seri B dengan nilai nominal Rp 100 per saham, atau sebanyak-banyaknya sebesar 400% dari jumlah saham sebelum pelaksanaan PMHMETD II. Dalam keterbukaan informasi Selasa (18/5), pemegang saham utama akan melakukan penyetoran modal dalam bentuk lain atau inbreng berupa saham kepemilikan pada PT Dos Ni Roha (DNR).

Nilai 99% saham DNR yang diinbreng sebagai penyetoran dalam bentuk lain selain uang untuk 77,70% saham ZBRA adalah Rp 1,08 triliun atau sama dengan Rp 1.624 per saham. Sehingga dengan asumsi rasio HMETD adalah 1:4 maka harga pelaksanaan adalah Rp 406 per saham atau bilamana asumsi rasio HMETD adalah 1:2 maka harga pelaksanaan HMETD adalah Rp 812 per saham.

“Keputusan final atas indikasi rasio tersebut akan ditetapkan sebelum efektifnya pernyataan pendaftaran HMETD,” kata Manajemen ZBRA dalam keterbukaan informasi, Selasa (18/5).

Baca Juga: Akuisisi DNR, ini fokus dan rencana bisnis Zebra Nusantara (ZBRA)

PT Trinity Healthcare (THC) selaku pemegang saham utama dan pemegang saham pengendali ZBRA akan melaksanakan HMETD yang dimilikinya dan mengalihkan sebagian haknya kepada PT European Hospital Development (EHD), PT Jade Green Equities (JE) dan PT Holistic Ventures (HV).

Apabila saham yang ditawarkan dalam PMHMETD II ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya seperti yang tercantum dalam sertifikat bukti HMETD.

Jika setelah alokasi tersebut masih tersisa jumlah saham baru yang tidak dilaksanakan dan/atau diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka PT Trinity Healthcare sebagai pembeli siaga akan membeli sebanyak-banyaknya Rp 5 miliar.

Baca Juga: DNR Corporation menandatangani kerja sama bisnis dengan Sido Muncul

ZBRA akan menggunakan 77,70% dari hasil hajatan ini untuk pengambilan sebanyak 7,35 miliar saham atau setara dengan 99,00% dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam DNR milik pemegang saham DNR senilai Rp 1.08 triliun.

Sementara sisanya dalam bentuk penyetoran tunai akan digunakan untuk modal kerja Zebra Nusantara dan perusahaan anak, dalam hal ini DNR dan anak perusahaannya.

Baca Juga: DNR Corporation raih fasilitas pembiayaan Rp 200 miliar dari Bank BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×