kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett mencicip pasar e-commerce di India


Senin, 27 Agustus 2018 / 10:43 WIB
Warren Buffett mencicip pasar e-commerce di India
ILUSTRASI. Warren Buffett


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - BANGALORE. Warren Buffett memang sudah menghempaskan kepemilikannya di Walmart. Tapi, pendiri Berkshire Hathaway Inc ini masih terlihat sangat tertarik dengan pasar ritel. 

Kabar terbaru, Berkshire akan berinvestasi 20 miliar - 25 miliar rupee (US$ 285 juta - US$ 356 juta) di One97 Communication Ltd asal India. Ini adalah perusahaan induk pemilik Paytm, salah satu e-commerce yang terbesar di India yang bersaing dengan Flipkart dan Amazon.

Menurut seorang sumber pada media Economic Times India, Senin (27/8), Buffett akan mengambil 3%-4% saham induk Paytm tersebut. Transaksi tersebut akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan, dan menjadikan nilai Paytm lebih dari US$ 10 miliar.

"Ini akan menjadi investasi langsung Buffett pertama di India," kata sumber tersebut. Salah satu tangan kanan Berkshire, Todd Combs akan memimpin transaksi tersebut.

Berkshire pernah mencoba masuk ke pasar India. Tahun 2011, Buffett masuk lewat Bajaj Allianz General. Namun, dia menyerah dua tahun kemudian lantaran kurangnya pencapaian kinerja dan keterbatasan kepemilikan asing di India. 

Paytm sejatinya sudah memiliki pemegang saham utama raksasa, di antaranya SoftBank dari Jepang dan Alibaba dari China. Paytm berkapitalisasi sekitar US$ 7 miliar ketika disuntik US$ 1 miliar oleh SoftBank Vision Fund tahun lalu.

Baik Berkshire, One97 Communications, SoftBank, dan Alibaba belum merespons Economic Times.   

Paytm merupakan e-commerce yang memberi solusi lengkap. Tak hanya menjajakan berbagai produk, Paytm juga memberikan solusi pembayaran, juga pembelian produk investasi emas. 

Paytm juga mengklaim sebagai pemimpin penyedia solusi pembayaran berbasis QR di India. Pekan lalu, Paytm yang berbasis di Noida ini mengumumkan, mengakomodasi transaksi gros rata-rata tahunan senilai US$ 50 miliar per akhir Juni 2018 lalu. 

     




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×