kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street ditutup memerah usai komentar hawkish pejabat The Fed


Sabtu, 19 Juni 2021 / 05:57 WIB
Wall Street ditutup memerah usai komentar hawkish pejabat The Fed
ILUSTRASI. Wall Street. REUTERS/Brendan McDermid


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bursa saham AS berakhir melemah tajam pada hari Jumat, dengan Dow dan S&P 500 membukukan kinerja mingguan terburuk mereka dalam beberapa bulan, setelah komentar dari pejabat Federal Reserve James Bullard bahwa bank sentral AS mungkin menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. 

Pada hari Jumat, Dow Jones Industrial Average turun 533,37 poin, atau 1,58%, menjadi 33.290,08, S&P 500 kehilangan 55,41 poin, atau 1,31%, menjadi 4.166,45 dan Nasdaq Composite turun 130,97 poin, atau 0,92%, menjadi 14.030,38.

Sementara harga minyak mentah AS - yang secara tradisional menderita saat dolar menguat- awalnya turun pada hari Jumat, namun berhasil rebound setelah sumber OPEC mengatakan kelompok produsen minyak memperkirakan pertumbuhan produksi minyak AS akan terbatas pada tahun ini.

Baca Juga: Wall Street turun di perdagangan terakhir pekan ini

Pergerakan komoditas ini tidak diterjemahkan ke dalam sentimen positif untuk saham energi AS, dengan indeks sektor tersebut mencetak kinerja terburuk hari ini. Indeks utilitas dan keuangan juga turun lebih dari 2%.

Kepercayaan investor pada posisi mereka saat ini awalnya dipengaruhi oleh pertemuan kebijakan Fed, di mana bank sentral memproyeksikan kenaikan suku bunga akan terjadi lebih cepat dari yang diantisipasi, dan mengisyaratkan telah mencapai titik di mana ia dapat mulai berbicara tentang pengurangan stimulus besar-besaran - bukan hanya berpikir. tentang itu.

Inflasi, dan bagaimana bank sentral AS akan mengatasinya ketika negara itu keluar dari pandemi, telah menjadi perhatian utama para investor menjelang pertemuan kebijakan, yang berakhir pada hari Rabu.

Baca Juga: IHSG tertekan beberapa hari terakhir, pemerintah dalam dilema putuskan PSBB total

"Saya tidak terkejut melihat pasar sedikit melakukan aksi jual. Saya tidak pernah terkejut, mengingat pergerakan kuat yang kami miliki untuk jangka waktu yang lama, ketika Anda melihat beberapa periode profit taking," kata Tim Ghriskey, kepala strategi investasi di Inverness Counsel di New York.

Selanjutnya: IHSG turun 1,45% ke level 6.007,12 dalam sepekan, berikut penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×