kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

USD/JPY berpeluang rebound esok hari


Kamis, 20 Juni 2019 / 17:46 WIB
USD/JPY berpeluang rebound esok hari

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat mencatatkan pelemahan pada perdagangan Kamis (20/6), pasangan kurs USD/JPY berpeluang rebound pada perdagangan besok. Berdasarkan data Bloomberg pada Kamis (20/6) pukul 16:49 WIB, pasangan kurs USD/JPY mencatatkan penurunan 0,28% ke level 107,80.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, kelemahan yang terjadi hari ini cenderung karena hasil rapat Federal Open Market Committe (FOMC) oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS/The Fed) yang semakin jelas menunjukkan rencananya untuk memangkas suku bunga acuannya (FFR).


Berdasarkan hasil pertemuan pejabat The Fed semalam, Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell memberikan sinyal pemangkasan FFR memungkinkan dilakukan pada Juli. Hal ini sekaligus memperkuat pandangan pasar bahwa, The Fed bakal memangkas suku bunga acuan AS hingga tiga kali di tahun ini.

Dalam rapat FOMC Rabu (19/6), Powell mengumumkan bahwa FFR tetap di rentang 2,25% - 2,5%. Adapun sinyal untuk pemangkasan FFR untuk mengantisipasi risiko perang dagang, sekaligus menahan risiko inflasi yang rendah, di mana hingga akhir tahun diperkirakan hanya berada di kisaran 1,5%.

Di sisi lain, Bank Sentral Jepang (BoJ) masih menunjukkan sikap dovish terhadap kebijakan moneternya. "Besok penurunannya akan terbatas, bahkan berpotensi untuk naik (rebound)," jelas Faisyal kepada Kontan.co.id, Kamis (20/6).

Ditambah lagi, ketegangan perang dagang antara AS dengan China dianggap mulai mereda saat ini. Faisyal menjelaskan, pernyataan Presiden AS Donald Trump untuk memperpanjang waktu negosiasi dengan Presiden China Xi Jinping, memberikan harapan positif bagi penyelesaian perang dagang kedua negara tersebut.

"Jadi USD/JPY berpeluang rebound besok, rekomendasinya buy on deeps atau pada saat harga turun dalam," ungkapnya.

Rekomendasi tersebut juga didukung oleh indikator teknikal, seperti harga yang sudah berada di bawah MA 50, MA 100 dan MA 200. Sedangkan untuk indikator MACD berada di area -0,1619.

Untuk indikator RSI berada di area 31,99 yang mengindikasikan harga jenuh jual atau oversold, begitu juga dengan indikator stochastic yang berada di area 14,05. Sehingga, rentang pergerakan pasangan USD/JPY untuk perdagangan Jumat (21/6), yakni di level support 107,20; 106,60; dan 105,50, sedangkan untuk resistance berada di 108,30; 109; dan 109,85.

 




TERBARU

×