kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump janjikan bantuan US$ 15 miliar ke petani AS yang terpukul perang dagang


Selasa, 14 Mei 2019 / 14:49 WIB
Trump janjikan bantuan US$ 15 miliar ke petani AS yang terpukul perang dagang


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahannya berencana untuk memberikan sekitar US$ 15 miliar bantuan untuk petani AS yang produknya masuk dalam kenaikan tarif China sebagai konsekuensi perang dagang yang semakin menggila.

"Kami akan mengambil tahun tertinggi, pembelian terbesar yang pernah dilakukan Tiongkok dengan para petani kami, yaitu sekitar US$ 15 miliar, dan melakukan sesuatu yang timbal balik kepada para petani kami sehingga para petani kami dapat melakukannya dengan baik," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Senin (13/5) seperti dilansir Reuters.

Namun Trump tidak merinci lebih lanjut tentang paket bantuan seperti apa itu.

Para petani Amerika, konstituensi utama Trump, termasuk di antara yang paling terpukul dalam perang dagang. Kedelai adalah ekspor pertanian AS yang paling bernilai, dan pengiriman ke China turun ke level terendah 16 tahun pada tahun 2018. Penjualan kedelai AS di tempat lain gagal menebus kerugian tersebut.

Kedelai kedelai AS jatuh ke level terendah dalam satu dekade pada hari Senin.

Sekretaris Pertanian AS Sonny Perdue mengatakan pada hari Jumat bahwa Trump telah memintanya untuk merencanakan membantu para petani Amerika mengatasi dampak besar perang dagang AS-Cina terhadap pertanian.

Program bantuan baru akan menjadi bantuan putaran kedua bagi para petani, setelah rencana Departemen Pertanian senilai US$ 12 miliar tahun lalu untuk mengkompensasi harga yang lebih rendah untuk barang-barang pertanian dan kehilangan penjualan yang berasal dari perselisihan perdagangan dengan China dan negara-negara lain.

"Dari miliaran dolar yang kita ambil (tarif impor impor China), sebagian kecil dari itu akan diberikan kepada petani kita, karena Cina akan membalas, mungkin sampai batas tertentu, terhadap petani kita," kata Trump.

Tarif tidak dibayar oleh pemerintah China atau oleh perusahaan yang berlokasi di China. Mereka dibayar oleh importir barang-barang China, biasanya perusahaan Amerika atau unit perusahaan asing yang terdaftar di AS.

Pada hari Senin, Cina mengatakan akan memberlakukan tarif lebih tinggi pada sejumlah barang AS, termasuk sayuran beku dan gas alam cair, menyerang kembali dalam perang dagangnya dengan Washington setelah Trump memperingatkannya untuk tidak melakukannya.

Tahun lalu, Beijing memberlakukan tarif impor barang-barang pertanian AS, termasuk kedelai, sorgum biji-bijian dan daging babi sebagai retribusi untuk pungutan AS.

Sementara petani sebagian besar tetap mendukung Trump, banyak yang menyerukan untuk segera mengakhiri sengketa perdagangan, yang mendorong utang pertanian ke tingkat tertinggi dalam beberapa dekade dan memperburuk kondisi kredit untuk ekonomi pedesaan.

Janji Trump pada hari Jumat untuk membeli produk pertanian Amerika yang biasanya diimpor Tiongkok dan mendistribusikannya ke negara-negara miskin mendapat kecaman dari Kanada.

"Membuang produk di negara-negara berkembang bukanlah cara kita melakukan sesuatu," Menteri Pertanian Kanada Marie-Claude Bibeau mengatakan kepada wartawan pada panggilan konferensi dari pertemuan G20 di Jepang, menambahkan upaya seperti itu membutuhkan koordinasi multilateral.

“Tampaknya mudah, tetapi rumit untuk melakukannya dengan cara yang benar,” kata Bibeau. "Jelas, itu dapat membuat beberapa distorsi di pasar dan inilah yang ingin kita hindari."




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×