kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan literasi perbankan syariah, BRIS hadirkan mini banking syariah


Kamis, 21 Februari 2019 / 22:11 WIB
Tingkatkan literasi perbankan syariah, BRIS hadirkan mini banking syariah


Reporter: Yoliawan H | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan perbankan syariah, PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) menghadirkan sebuah platform bertajuk Mini Banking Syariah.

Asal tahu saja, berdasarkan statistik perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per November 2018 menunjukan aset perbankan syariah nasional sebesar Rp 451,20 triliun. Jumlah ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan total aset perbankan pada periode sama sebesar Rp 7.877,83 triliun. Dengan kata lain, market share perbankan syariah dari sisi aset hanya 5,72%.

Dalam rangka meningkatkan pendidikan perbankan syariah, BRI syariah dan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto sepakat melakukan penandatanganan kerjasama Laboratorium Mini Banking Syariah pada Rabu (20/2) di Purwokerto, Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kontan, Kamis (21/2), Mini Banking Syariah yaitu sebuah perangkat lunak laboratorium perbankan syariah untuk dunia pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Indriati Tri Handayani, Corporate Secretary BRIS mengatakan, Mini Banking Syariah ini hadir untuk memberikan pengetahuan praktis tentang operasionalisasi perbankan sebagai laboratorium bagi mahasiswa.

“Mahasiswa diharapkan dapat memahami praktek perbankan syariah selain teori yang didapatkan di kelas, mahasiswa juga nantinya mampu membuat program aplikasi berbasis syariah sehingga bisa menjadi rancangan program yang nyata,” ujar Indri.

Sekadar informasi, hingga November 2018, tercatat aset BRIS sebesar Rp 36,24 triliun atau tumbuh 18,12% yoy dari tahun sebelumya sebesar Rp 30,68 triliun. Tercatat market share BRIS per November sebesar 8,03%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×