kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taipan Prancis Patrick Drahi ambil alih Sotheby senilai US$ 3,7 miliar


Selasa, 18 Juni 2019 / 16:42 WIB
Taipan Prancis Patrick Drahi ambil alih Sotheby senilai US$ 3,7 miliar


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - PARIS. Miliader terkemuka Prancis-Israel Patrick Drahi membuat langkah mengejutkan ke dunia seni dengan mengambil alih kesepakatan Sotheby senilai US$ 3,7 miliar. Langkah ini menandai kembalinya rumah lelang seni ke kepemilikan pribadi setelah 31 tahun.

Mengutip Reuters, Selasa (18/6), akuisisi ini memungkinkan Drahi untuk bergabung dengan miliarder Prancis Francois Pinault di puncak dunia seni dan masyarakat New York. Pinault memiliki saingan utama Sotheby Christie.

Drahi bergabung dengan klub eksklusif miliarder Prancis yang aktif di pasar seni global, yang juga mencakup bos LVMH Bernard Arnault melalui yayasan Louis Vuitton-nya.

Ekspansi Drahi di Amerika Serikat juga memiliki gema dari mantan bos Vivendi Jean-Marie Messier, yang mengubah perusahaan air Prancis yang berjuang menjadi raksasa media global dengan saham di lembaga-lembaga AS yang sudah mapan.

Kesepakatan itu juga menandai babak baru bagi rumah lelang berusia 275 tahun yang menjadi tujuan generasi baru kekayaan yang diciptakan di Wall Street, di Silicon Valley, dan di seluruh dunia.

Dalam banyak hal, ketika berstatus publik membuat Sotheby berada dalam posisi kalah bersaing dengan saingan utama A.S Christie, yang sudah menjadi pribadi, kata para pakar seni.

"Sekarang perusahaan dapat menjadi lebih fleksibel dan gesit sebagai perusahaan swasta dan akan menarik untuk melihat perubahan yang akan dilakukan," kata Abigail Asher, mitra konsultan seni internasional Guggenheim, Asher.

Didirikan di London pada 1744 sebelum berekspansi ke luar negeri pada abad ke-20, Sotheby menjadi perusahaan tertua yang terdaftar di New York Stock Exchange.

Barang-barang terkenal yang dijual oleh Sotheby termasuk koleksi mendiang Duchess of Windsor, koleksi pribadi seniman Andy Warhol dan lukisan Edvard Munch "The Scream".

Sotheby mengatakan BidFair USA, kendaraan akuisisi yang didirikan oleh Drahi, telah menawarkan US$ 57 tunai per saham untuk membelinya. Tawaran ini mewakili premi 61% dari harga penutupan Sotheby pada hari Jumat, dan memberinya kapitalisasi pasar sebesar US$ 2,6 miliar.

Dunia seni telah menjadi favorit belakangan ini bagi para investor yang ingin mendapatkan pengembalian ekstra di dunia dengan suku bunga yang sangat rendah, dengan harga banyak karya seni mahal yang terus meningkat.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh bank Swiss UBS dan Art Basel pada bulan Maret mengatakan bahwa pasar seni global telah menikmati kenaikan lainnya pada tahun 2018.

Drahi mengatakan dia akan mendanai pengambilalihan melalui pembiayaan yang diatur oleh bank Prancis BNP Paribas dan oleh ekuitas yang disediakan oleh dana sendiri.

Drahi lebih dikenal dengan rekayasa akuisisi yang berbelit-belit dalam bisnis kabel dan telekomunikasi melalui kelompok Altice yang dikontrol.

Drahi juga telah menjual aset non-inti dalam beberapa tahun terakhir untuk meredakan kekhawatiran atas tingkat utang bisnisnya.

Pengusaha itu mengatakan dia tidak akan menjual saham di bisnis Altice Europe-nya, tetapi akan menguangkan saham kecil di divisi Altice USA-nya. Saham Altice USA turun sekitar 2% pada hari Senin.

Lahir di Maroko, Drahi, 55, dilatih di sekolah selektif Polytechnique di Paris, dan memegang dua kewarganegaraan Prancis dan Israel.

Meskipun mengendalikan saluran-saluran media Prancis yang berpengaruh seperti pembebasan Alkitab kiri dan saluran berita paling banyak ditonton negara itu BFM TV, Drahi telah menghindar dari pertemuan elit dari pendirian Prancis dan menghabiskan banyak waktunya antara Swiss, Amerika Serikat dan Israel.

"Investasi ini lebih lanjut akan menunjukkan keluarga saya di Amerika Serikat, negara di mana kami telah disambut dengan sangat baik sejak keberhasilan akuisisi Suddenlink pada 2015, Cablevision pada 2016 dan baru-baru ini Cheddar," kata Drahi dalam sebuah pernyataan, merujuk pada dua perusahaan kabel AS dan jaringan berita online masing-masing.

Dia mengatakan dia memiliki kepercayaan penuh pada manajemen Sotheby dan tidak mengharapkan perubahan apa pun pada strategi perusahaan.

Sekitar lima tahun yang lalu, Sotheby mengakhiri pertarungan jangka panjang dengan hedge fund investor aktivis Daniel Loeb Third Point, dengan meminta Loeb dan dua rekannya untuk bergabung dengan dewan Sotheby, dan Loeb berperan penting dalam merekrut Smith sebagai CEO.

Loeb, seorang kolektor seni terkemuka, pada hari Senin memuji penjualan.

Harga "menegaskan nilai yang kami lihat ketika kami pertama kali berinvestasi di Sotheby, dan memberi penghargaan kepada investor jangka panjang seperti Third Point yang percaya pada potensinya," kata Loeb kepada Reuters.

BNP Paribas dan Morgan Stanley memberi nasihat kepada Drahi, sementara LionTree Advisors bekerja atas nama Sotheby.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×