kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

S&P 500, Dow mencapai rekor tertinggi jelang akhir pekan


Jumat, 16 April 2021 / 21:45 WIB
S&P 500, Dow mencapai rekor tertinggi jelang akhir pekan
ILUSTRASI. Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 menyentuh level tertinggi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menguat di awal perdagangan Jumat (16/4). Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 bahkan menyentuh level tertinggi.

Jumat pukul 21.38 WIB, Dow Jones menguat 0,37% ke 34.162. Indeks S&P 500 naik 0,26% ke 4.181. Sedangkan Nasdaq Composite turun 0,21% ke 14.009.

S&P 500 dan Dow mencapai rekor tertinggi pada hari Jumat setelah Morgan Stanley menyelesaikan laporan pendapatan kuartalan dari bank-bank besar AS dengan lonjakan laba. Optimisme tentang rebound ekonomi yang solid menempatkan indeks utama pada jalur kenaikan mingguan.

Sembilan dari 11 indeks S&P diperdagangkan lebih tinggi. Hanya indeks layanan komunikasi dan teknologi informasi yang turun tipis setelah mengungguli sesi sebelumnya.

Baca Juga: Rupiah menguat jelang akhir pekan, ini penyebabnya

Tiga indeks utama Wall Street telah melambung bulan ini karena data ekonomi yang optimistis. Ini menjadi awal yang solid untuk musim pendapatan perusahaan kuartal pertama. Janji Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga rendah meskipun inflasi yang lebih tinggi mendorong permintaan, terutama untuk saham teknologi bernilai tinggi.

Morgan Stanley melaporkan lonjakan laba kuartalan 150% pada hari Jumat, bergabung dengan JPMorgan Chase & Co, Goldman Sachs Group Inc dan Bank of America dalam memperkuat harapan pemulihan ekonomi yang cepat. Namun, saham bank investasi ini turun 1,2% karena juga mengungkapkan kerugian hampir US$ 1 miliar dari runtuhnya private fund Archegos.

Baca Juga: Penguatan rupiah jelang akhir pekan juga ditopang penurunan yield US Treasury

Saham JPMorgan, Goldman Sachs, Bank of America, Citigroup Inc dan Wells Fargo and Co naik sebanyak 1,6%. "Sejauh ini, sektor keuangan telah melaporkan pendapatan yang sangat kuat dan itu bisa menjadi kunci untuk musim laporan laba ini," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities di New York.

Sentimen positif datang dari PDB China yang tumbuh pada rekor 18,3% pada kuartal pertama lalu. Data ekonomi AS yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan penjualan ritel AS naik paling tinggi dalam 10 bulan di bulan Maret dan klaim pengangguran mingguan turun untuk pekan yang berakhir 10 April.

Benchmark S&P 500 dan Dow berada di jalur untuk kenaikan mingguan keempat berturut-turut. Sementara indeks Nasdaq yang dipenuhi saham-saham teknologi berada sekitar 1% di bawah rekor sepanjang masa.

Baca Juga: Papan Pengembangan naik 28,36% sejak awal tahun, saham ini bisa dicermati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×