kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sentimen perang dagang kembali mencuat, rupiah terancam melemah


Senin, 23 September 2019 / 09:33 WIB

Sentimen perang dagang kembali mencuat, rupiah terancam melemah
ILUSTRASI. Uang rupiah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah berpotensi melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (23/9). Hal ini didorong oleh sentimen negatif dari perkembangan perang dagang antara AS dan China.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini memperkirakan, indeks dolar AS akan menguat di kisaran 98,40--98,50 pada hari ini. Kurs dolar AS juga berpeluang menguat terhadap beberapa mata uang utama dunia lainnya, seperti yen dan euro.

Baca Juga: Rupiah hari ini melemah 0,14% di level Rp 14.075 per dolar AS

Penguatan dolar AS ditopang oleh sentimen negatif dari prospek perang dagang antara AS-China usai delegasi China dikabarkan batal mengunjungi AS.

"Pembatalan tersebut disebabkan keputusan Donald Trump yang menolak perjanjian perdagangan secara parsial dengan China," ungkap Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Baca Juga: Rupiah dibuka melemah ke Rp 14.073 pada awal perdagangan hari ini

Sentimen negatif tersebut kemungkinan akan berpengaruh besar terhadap pergerakan rupiah sepanjang hari ini. Maka dari itu, Mikail memprediksi rupiah akan melemah di kisaran RP 14.070--Rp 14.100 per dolar AS pada hari ini.


Reporter: Dimas Andi
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×