kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selasa (21/9) siang, harga Bitcoin, Ethereum, Binance dll masih turun, sampai kapan?


Selasa, 21 September 2021 / 12:17 WIB
Selasa (21/9) siang, harga Bitcoin, Ethereum, Binance dll masih turun, sampai kapan?
ILUSTRASI. Selasa (21/9) siang, harga Bitcoin, Tethereum, Binance dll masih turun, sampai kapan?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Harga mata uang kripto atau crypto currency seperti Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll melanjutkan tren turun hingga Selasa 21 September 2021 siang. Apa penyebab harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll turun? Apakah penurunan harga mata uang kripto tersebut akan terus berlanjut?

Harga bitcoin masih terus merosot pada perdagangan hari ini, Selasa (21/9/2021). Merujuk data Coinmarketcap.com pada Selasa 21 September 2021 pukul 12.02 WIB, harga Bitcoin bertengger US$ 42.533,01, turun 6,95% dalam sehari. Data yang sama juga mencatat harga Ethereum turun 6,77% menjadi US$ 2.982,88.

Harga Tether turun 0,05% menjadi US$ 0,9999. Harga Cardano turun 5,21% menjadi US$ 2,07. Harga Binance Coin turun 8,26% menjadi US$ 360,82. 

Di kelompok uang kripto dengan nilai kapitalisasi terbesar, penurunan harga paling tajam adalah Polkadot sebesar 10,01% menjadi US$ 28,59. Lalu harga Dogecoin turun 7,47% menjadi US$ 0,2064.

Dilansir dari Kompas.com, harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll turun karena investor mulai mengurangi risiko karena pasar saham global yang tengah merosot. Meski bitcoin kerap disebut sebagai aset safe haven (aset yang bisa mempertahankan atau meningkatkan nilainya ketika pasar bergejolak), namun dalam perkembangannya, harga bitcoin cenderung turun seiring dengan kian besarnya penurunan harga aset berisiko lain.

Pasar saham global di sisi lain juga tengah berguguran lantaran kekhawatiran atas guncangan risiko yang disebabkan oleh pasar properti China. Seperti diberitakan sebelumnya, raksasa properti China, Evergrande tengah terlilit utang dalam dalam jumlah yang fantastis.

Baca juga: Dua Investor dan Miliarder Ini Menilai Uang Kripto Menarik sebagai Diversifikasi

Penyebab harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll turun lainnya yakni investor juga sedang fokus pada arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve. Investor sedang mempertimbangkan kemungkinan The Fedd untuk mulai mengangkan kebijakan stimulus moneter dari perekonomian Negeri Paman Sam. Bank sentral bakal memulai pertemuan bulanan mereka pada Selasa (21/9/2021) waktu setempat.

Selain itu, harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll melemah juga disebabkan oleh ketidakpastian mengenai regulasi stablecoin (mata uang digital yang didesain agar pergerakannya tidak sebergejolak mata uang kripto lain). New York Times beberapa waktu lalu memberitakan, Financial Stability Oversight Council atau otoritas pengawas stabilitas keuangan AS menilai, stablecoin memiliki risiko secara sistemik dan kemungkinan bakal membentuk regulasi ketat terkait hal itu.

Lalu, apakah harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll akan terus merosot? Potensi penurunan harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll bisa saja terjadi.

Namun, sebagai aset yang high risk dan high return, harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll bisa saja kembali naik sewaktu-waktu.

Selanjutnya: Krisis Evergrande menyeret harga Bitcoin kian dalam, hampir terlempar dari US$ 40.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×