kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samindo Resources siapkan capex US$ 13,8 juta


Rabu, 17 Januari 2018 / 06:38 WIB
Samindo Resources siapkan capex US$ 13,8 juta


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samindo Resources Tbk pada tahun ini akan meningkatkan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga 300% menjadi US$ 13,8 juta. Hal itu untuk meningkatkan kapasitas produksi kontrak yang sudah diteken.

Selain kontrak lama, perusahaan penyedia jasa pertambangan batubara terintegrasi di Indonesia, juga tengah membidik kontrak baru. Prosesnya masih dalam tahap pembicaraan dengan klien.

Ahmad Zaki, Hubungan Investor PT Samindo Resources Tbk mengatakan, peningkatan capex bahkan bisa melebihi 300% dibandingkan tahun 2017. Peningkatan itu upaya perusahaan berkode saham MYOH di Bursa Efek Indonesia dalam memenuhi peningkatan target klien. "Jadi total capex yang dialokasikan di tahun 2018 ini sebesar US$ 13,8 juta, terangnya kepada KONTAN, Selasa (16/1).

Pada tahun 2018 ini ada dua kontrak jasa penambangan batubara yang tengah dilakukan oleh MYOH, Yakni dengan PT Kideco Jaya Agung. Dalam kontrak, MYOH mendapatkan jatah 48,5 juta bank cubic meter (BCM) dan 10.3 juta ton batubara.

Adapun untuk kontrak jangka menengah dengan PT Bayan Resources Tbk, MYOH mendapatkan jatah 5,85 juta BCM dan 450.000 ton batubara. Namun sayang, Zaki enggan menyebutkan berapa nilai kontrak dari kedua perusahaan tersebut "Value secara rupiah tidak disebutkan dalam kontrak," tegasnya.

Selain melakukan kontrak oleh dua perusahaan itu, MYOH saat ini tengah mengusahakan untuk meningkatkan porsi di proyek Gunung Bayan Pratama Coal.

Samindo Resources juga tengah mengincar kontrak baru. Saat ini prosesnya sedang dalam tahap pembicaraan dengan salah satu perusahaan tambang yang cukup terkemuka terkait penyediaan tiga jasa utama, yaitu pemindahan batuan penutup, batubara dan pengangkutan batubara. "Spesifiknya belum bisa kami ungkapkan saat ini, karena masih dalam tahap penjajakan," tandasnya.

Sementara tahun ini, MYOH menargetkan bisa melaksanakan pemindahan batuan penutup 54,4 juta BCM. Lalu produksi batubara 10,7 juta ton, serta pengangkutan batubara sebanyak 29 juta ton.

Dalam menjalankan bisnisnya, Samindo Resource menggunakan beberapa anak usaha. Seperti PT SIMS Jaya Kaltim (pemindahan batuan penutup dan produksi batubara), PT Samindo Utama Kaltim (pengangkutan batubara), PT Trasindo Murni Perkasa (pengangkutan batubara) dan PT Mintec Abadi (pengeboran eksplorasi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×