kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samindo Resources (MYOH) mengincar klien baru tahun ini


Senin, 28 Januari 2019 / 19:12 WIB
Samindo Resources (MYOH) mengincar klien baru tahun ini


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Salah satu perusahaan jasa penambangan batubara yaitu PT Samindo Resources Tbk (MYOH) masih berharap mampu mendekap pelanggan baru pada tahun ini. “Dari dua tahun yang lalu kita lagi serius untuk mencari klien baru, sekarang kita lagi coba cari lagi klien potensial,” kata Hubungan Investor Samindo Resources, Ahmad Zaki pada Kontan.co.id, Senin (28/1).

Sejauh ini, emiten berkode saham MYOH ini memiliki pelanggan dari anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) yaitu PT Kideco Jaya Agung yang berkontribusi sekitar 98% dari seluruh pendapatan, sisanya dari Grup Bayan.

Zaki bilang saat ini kapasitas untuk overburden removal mencapai 65 juta bank cubic meter (BCM), dan MYOH baru memasang target untuk pengupasan lapisan tanah penutup ini hingga 58 juta bcm. “Kita masih punya kapasitas sebesar 7 juta bcm dan untuk coal getting masih mampu memproduksi 1 juta ton hingga 2 juta ton batubara lagi,” jelasnya.

Oleh karena itu, pada tahun ini mereka berhadap bakal memperoleh klien baru sehingga mampu meningkatkan kinerja opersional. Ada beberapa kendala yang menyebabkan produksi batubara tak sesuai dengan target.

Pertama keterbatasan alat berat dari sub kontraktor mereka, kemudian cuaca awal tahun yang kurang mendukung produksi. “Kita coba kejar di pertengahan tahun, tapi hingga tutup tahun hanya mencapai 10 juta ton, kita kurang 700.000 ton batubara,” jelasnya.

Zaki mengungkapkan untuk pengupasan lapisan tanah penutup atau overburden removal hingga akhir tahun lalu mencapai 55 juta bcm atau lebih besar ketimbang target pada 2018 sebesar 54,5 juta bcm.

Pada tahun ini, mereka membidik produksi batubara sama seperti target tahun lalu yaitu 10,7 juta ton batubara dan 58,1 juta bcm untuk OB. Pada tahun ini mereka mengalokasikan belanja modal sebesar US$ 17,7 juta naik dari belanja modal tahun lalu sebesar US$ 13,98 juta.

Dari belanja modal itu, sebanyak US$ 14,5 juta akan dibelanjakan untuk pembelian 10 dump truck berkapasitas angkut 100 ton untuk operasional aktivitas pemindahan batuan penutup batubara dan sisanya US$ 3,2 juta untuk pengangkutan batubara (hauling). Sebagai informasi, saat ini Samindo memiliki 133 dump truck dan 18 excavator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×