kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reli harga minyak mentah mereda, lonjakan kasus Covid-19 kembali menyelimuti


Senin, 18 Januari 2021 / 13:48 WIB
Reli harga minyak mentah mereda, lonjakan kasus Covid-19 kembali menyelimuti
ILUSTRASI. Harga minyak


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak turun lebih jauh dari level tertinggi 11 bulan yang disentuh pekan lalu pada Senin (18/1). Mengakhiri reli yang dimulai pada akhir Oktober, terangkat pengurangan produksi dan tingginya permintaan China, dengan prospek pasar dipertanyakan ketika kasus infeksi virus corona meningkat.

Melansir Reuters pukul 13.25 WIB, harga minyak mentah Brent turun 30 sen atau 0,5% menjadi US$ 54,79 per barel pada 0622 GMT, setelah turun 2,3% pada hari Jumat.

Sedangkan, harga minyak mentah minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 21 sen atau 0,4% menjadi US$ 52,15 per barel, setelah turun 2,3% pada sesi perdagangan sebelumnya.

Kedua acuan harga minyak tersebut menguat dalam beberapa pekan terakhir, didukung oleh dimulainya peluncuran vaksin Covid-19 dan penurunan produksi minyak mentah oleh eksportir minyak terbesar dunia, Arab Saudi.

Baca Juga: Ekspor masih naik, koreksi saham emiten CPO hanya bersifat teknikal

Namun, kasus infeksi baru yang melonjak di seluruh dunia telah menimbulkan keraguan tentang berapa lama permintaan akan bertahan.

"Relative Strength Indexes (RSI) pada kedua kontrak berada di wilayah overbought, menunjukkan koreksi sedang dalam perjalanan," kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA.

Perusahaan minyak Amerika Serikat (AS) menambahkan tekanan lebih lanjut dengan menempatkan lebih banyak rig minyak dan gas alam untuk bekerja selama delapan minggu berturut-turut pada pekan lalu.

Pasalnya kenaikan harga telah membuat produksi lebih menguntungkan. Namun, jumlah rig yang beroperasi kurang dari setengah dari level tahun lalu.

Namun, para pengebor AS "telah mengindikasikan bahwa mereka akan terus mengendalikan pengeluaran mereka," kata Riset ANZ dalam sebuah catatan.

"Ekonomi juga tidak mendukung lonjakan pengeboran, dengan setengah dari industri masih tidak ekonomis."

Produsen minyak serpih AS dengan cepat menanggapi kenaikan pasar dalam beberapa tahun terakhir, memenangkan pangsa pasar karena Arab Saudi dan produsen utama lainnya seperti Rusia telah memangkas produksi dalam upaya mendukung harga minyak dan gas global.

Baca Juga: Analis rekomendasikan buy LSIP dan AALI, ini alasannya

Perusahaan minyak serpih juga memanfaatkan keuntungan pasar dengan mengunci harga untuk penjualan di masa depan, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada akhir pekan lalu.

Di China, di mana infeksi Covid-19 baru telah meningkat, lebih dari 28 juta orang diisolasi ketika Beijing mencoba menghindari kebangkitan virus corona di negara tempat virus itu pertama kali ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×