kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reksadana terproteksi masih jadi pilihan investasi menarik tahun ini


Jumat, 22 Januari 2021 / 09:25 WIB
Reksadana terproteksi masih jadi pilihan investasi menarik tahun ini


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana terproteksi diperkirakan akan menjalani tahun yang lebih baik pada 2021. Baik dari sisi penerbitan produk baru maupun minat dari investor.

Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management Reza Fahmi meyakini tahun ini reksadana terproteksi akan memiliki prospek yang kebih baik. Oleh karena itu, HPAM berencana akan menerbitkan reksadana terproteksi pada tahun ini.

"Dari segi peminat, reksadana terproteksi akan kembali membaik pada tahun ini. Minat tinggi investor tidak terlepas dari behaviour investor yang suka memilih instrumen investasi dengan imbal hasil lebih tinggi dari deposito, namun juga tidak fluktuatif. Oleh karena itu, obligasi yang dibungkus jadi reksadana terproteksi akan jadi pilihan tepat," kata Reza kepada Kontan.co.id, Kamis (21/1).

Dari segi penerbitan, Reza juga optimistis produk reksadana terproteksi yang baru akan lebih baik banyak dibanding tahun lalu. Walau demikian, dia melihat ada potensi penurunan imbal hasil pada tahun ini.

Baca Juga: Tahun Ini MI Lebih Bergairah Menerbitkan Produk Reksadana Baru

Reza mencontohkan, untuk reksadana terproteksi yang bertenor 3 tahun pada 2020 bisa menawarkan imbal hasil berkisar 6,5%-7,5%. Namun, untuk tahun ini, dia memperkirakan imbal hasilnya akan ada pada rentang 6%-7% saja. Salah satu penyebab penurunan imbal hasil reksadana terproteksi adalah pajak underlying untuk obligasi naik menjadi 10% pada tahun ini.

"Jadi, walau reksadana terproteksi punya prospek yang menarik, investor masih harus tetap selektif. Pilih reksadana terproteksi dengan minimal rating yang investment grade," tutup Reza. 

Baca Juga: Kejaksaan periksa manajer investasi besar di kasus BPJS Ketenagakerjaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×