kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo turunkan rating dan outlook J Resources Asia Pasifik (PSAB)


Rabu, 22 September 2021 / 11:12 WIB
Pefindo turunkan rating dan outlook J Resources Asia Pasifik (PSAB)
ILUSTRASI. PT. J Resources Asia Pasifik


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) dan Obligasi Berkelanjutan I menjadi idBBB dari idA. Pefindo juga erevisi outlook PSAB menjadi CreditWatch dengan implikasi negatif dari sebelumnya stabil.

Dalam keterangannya di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (22/9), analis Pefindo Kresna Piet Wiryawan dan Gifar Indra Sakti mengatakan, penurunan ini mencerminkan meningkatnya risiko pembiayaan kembali dan likuiditas yang dipicu oleh permintaan salah satu krediturnya untuk melunasi seluruh kewajibannya senilai US$ 95,09 juta pada tanggal 1 September 2021.  

Situasi ini juga membatasi upaya PSAB dalam mengembangkan salah satu proyeknya di Doup yang sebelumnya akan dibiayai oleh kreditur tersebut. 

Piet dan Gifar menyebut, PSAB tengah berupaya untuk melunasi pinjaman bank tersebut dengan mencari sumber pendanaan dari investor baru. Namun, mengingat waktu yang terbatas untuk menggalang dana yang signifikan, PSAB menghadapi risiko ketidakpastian dalam memenuhi kewajiban keuangan tersebut. 

Baca Juga: J Resources Asia Pasifik (PSAB) menyetop penerbitan obligasi berkelanjutan

Ada juga Obligasi Berkelanjutan I Tahap VI seri A senilai Rp252,2 miliar yang akan jatuh tempo pada 7 Desember 2021 dan sebelumnya direncanakan untuk dilunasi menggunakan kombinasi dari kas internal dan pendanaan eksternal.

“Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi,” tulis Piet dan Gifar.

Outlook ini dapat direvisi menjadi stabil apabila PSAB berhasil memitigasi risiko pembiayaan kembali dan likuiditas terkait dengan pinjaman yang dimiliki, termasuk obligasi yang akan jatuh tempo dalam 6 bulan ke depan.

Pefindo dapat menaikkan peringkat apabila PSAB secara signifikan dapat meningkatkan fleksibilitas keuangannya, termasuk dengan adanya tingkat kepastian yang cukup tinggi terkait komitmen pendanaan untuk mendukung penyelesaian proyek Doup yang juga akan memperbaiki profil bisnis PSAB secara keseluruhan.

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham emiten tambang emas dari analis berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×