kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai emisi IPO Mitratel berpotensi melampui Bukalapak, berikut tanggapan BEI


Selasa, 26 Oktober 2021 / 20:06 WIB
Nilai emisi IPO Mitratel berpotensi melampui Bukalapak, berikut tanggapan BEI
ILUSTRASI. Mitratel berpotensi meraup dana segar dari IPO antara Rp 19,79 triliun-Rp 24,90 triliun.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) masih melihat prospek positif terkait kemampuan pasar dalam menyerap saham initial public offering (IPO) PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Melalui IPO, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) ini berpotensi meraup dana segar Rp 19,79 triliun-Rp 24,90 triliun, melebihi kisaran perolehan dana IPO PT Bukalapak.com.

Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, saat ini indikator pasar modal Indonesia masih dinilai positif bila ditinjau dari jumlah perusahaan tercatat yang melakukan penggalangan dana di pasar modal. Pertumbuhan jumlah investor maupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga meningkat relatif baik dibandingkan tahun 2020.

"Stabilitas ekonomi yang tetap terjaga, pemulihan ekonomi yang terus berlanjut, sentimen positif pada perkembangan ekonomi global maupun domestik, serta dukungan regulator-regulator terkait, menimbulkan kepercayaan dan optimisme bagi para pelaku pasar modal," tutur Nyoman, Selasa (26/10).

Baca Juga: Usai IPO, Mitratel berencana akuisisi sekitar 6.000 menara

Sebagai informasi, pada tahun 2021, nilai fund raising saham terbesar adalah penerbitan saham perdana oleh PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) yang mencapai Rp 21,90 triliun. Sementara itu, nilai fund raising tertinggi berasal dari rights issue dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) sebesar Rp 95,9 triliun.

Perusahaan hasil merger antara Gojek dan Tokopedia, yakni GoTo juga dikabarkan akan melaksanakan IPO dengan nilai emisi besar dalam waktu dekat. Akan tetapi, menurut Nyoman, perusahaan tersebut belum menyerahkan dokumen pendaftaran ke BEI hingga saat ini.

Baca Juga: IPO Mitratel Berpotensi Jadi yang Terbesar Sepanjang Sejarah Menggusur Bukalapak

Meskipun begitu, pada prinsipnya, BEI menyambut baik setiap pihak yang akan melakukan penggalangan dana di pasar modal. "Kami berkomitmen untuk menjadikan BEI sebagai house of growth bagi seluruh karakteristik perusahaan-perusahaan potensial di Indonesia dengan menjadi bursa yang adaptif dan kompetitif," ucap Nyoman.

Untuk itu, BEI telah melakukan berbagai terobosan untuk mengakselerasi peningkatan jumlah perusahaan tercatat, mulai dari penyediaan infrastruktur peraturan, pengembangan fitur-fitur tambahan notasi khusus maupun klasifikasi perusahaan tercatat. Dengan berbagai terobosan tersebut, BEI diharapkan dapat memberikan nilai strategis bagi perusahaan yang akan menggalang dana di pasar modal Indonesia dan menarik potensi pendanaan dari investor global.

Baca Juga: Mitratel pasang harga penawaran IPO di kisaran Rp 775-Rp 975 per saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×