kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muncul petisi agar AS klarifikasi penutupan lab militer Fort Detrick, ini ceritanya


Selasa, 24 Maret 2020 / 10:49 WIB
Muncul petisi agar AS klarifikasi penutupan lab militer Fort Detrick, ini ceritanya
ILUSTRASI. Ilustrasi pengecekan virus corona. REUTERS/Fabrizio Bensch


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Spekulasi tentang asal muasal virus COVID-19 terus bermunculan. Bahkan, melansir People's Daily, ada sejumlah pihak yang menuntut agar pemerintah AS mengungkapkan lebih banyak informasi tentang penutupan laboratorium biologi Angkatan Darat AS yang mungkin terhubung dengan wabah tersebut.

Pada 10 Maret, sebuah petisi diluncurkan di situs Gedung Putih. Petisi itu menuntut pemerintah AS untuk mempublikasikan alasan sebenarnya di balik penutupan Fort Detrick, sebuah laboratorium biologi militer terkemuka, dan untuk mengklarifikasi apakah laboratorium tersebut adalah unit penelitian untuk virus corona "COVID19" baru dan apakah telah terjadi kebocoran virus.

Laboratorium Fort Detrick adalah laboratorium bibit utama Angkatan Darat AS di Fredrick, Maryland. Laboratorium ini mempelajari material menular yang mematikan seperti Ebola dan cacar, dan tiba-tiba ditutup pada Agustus 2019.

Baca Juga: Belajar dari China, Iran bangun rumah sakit darurat di pusat perbelanjaan

Menurut laporan sejumlah media, keputusan itu dibuat karena masalah keamanan setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendapati organisasi tersebut gagal menerapkan sistem yang cukup mampu mendekontaminasi air limbah dan tidak memiliki "pelatihan sertifikasi ulang berkala untuk pekerja di laboratorium biokontainment."

CDC tidak dapat memberikan detail yang lebih spesifik karena "alasan keamanan nasional," lapor New York Times.

Baca Juga: Akhirnya sadar, Trump tak lagi gunakan istilah virus China

Petisi itu mencantumkan serangkaian peristiwa mencolok dalam urutan kronologis, menunjukkan masalah terkait laboratorium yang tidak dapat dijelaskan dan kemungkinan hubungan antara lab dan virus corona. Sebagai contoh, pneumonia asal yang tidak ditentukan ditemukan di Tiongkok pada bulan November 2019 tepat setelah Amerika Serikat menyelenggarakan Acara 201, latihan pandemi global, dengan partisipasi Wakil Direktur CIA pada bulan Oktober.

Petisi juga mencatat bahwa sejumlah besar laporan berita bahasa Inggris tentang penutupan Fort Detrick dihapus bulan ini, menampilkan halaman "404 tidak ditemukan".

Baca Juga: Tidak ada kasus selama lima hari, Wuhan longgarkan aturan lockdown




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×