kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody's berikan peringkat B1 untuk Barito Pacific dengan prospek stabil


Sabtu, 04 Mei 2019 / 10:40 WIB
Moody's berikan peringkat B1 untuk Barito Pacific dengan prospek stabil


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Moody's Investor Service memberikan peringkat B1 corporate family rating (CFR) B1 untuk PT Barito Pacific Tbk (Barito) dengan prospek stabil. 

Pada saat yang sama, Moody`s memberikan peringkat B1 untuk surat berharga yang diusulkan dengan jaminan senior dengan jaminan saham tertentu di Chandra Asri Petrochemical Tbk (Ba3 stable). 

“B1 CFR Barito didukung oleh dua investasi ekuitas utamanya - Chandra Asri sebesar 46,26% dan Star Energy Group Holdings Pte Ltd sebesar 66,7% dan aliran dividen dari investasi ini diharapkan cukup untuk menutupi biaya bunga dan biaya operasional pada Barito secara berkelanjutan,” kata Vice President and Senior Credit Officer Moody's Brian Grieser, dalam keterangan resminya, Jumat (3/5).

Peringkat tersebut, merefleksikan: pertama, profil bisnis yang beragam dari investasi Barito di bisnis petrokimia serta energi dan pembangkit listrik; kedua, cakupan bunga yang solid diharapkan di Barito, terutama didukung oleh dividen dari Chandra Asri selama tiga tahun ke depan; dan ketiga, likuiditas yang baik diharapkan di Barito.

Lebih lanjut, ia menekankan, peringkat tersebut mencerminkan risiko pembiayaan dan konstruksi yang diharapkan terkait dengan rencana untuk berinvestasi di pembangkit listrik tenaga batubara 2.000 megawatt dan struktur organisasi Barito yang kompleks sebagai perusahaan induk untuk semua investasinya tanpa operasi atau arus kas, selain dividen.

Ekonom Moody mengharapkan bunga di Barito terutama dilayani oleh dividen dari Chandra Asri dan likuiditas neraca yang ada. Dividen dari Star Energy diperkirakan relatif kecil selama tiga tahun ke depan tetapi akan meningkat seiring waktu menciptakan diversifikasi arus kas yang berarti.

Likuiditas di Barito diperkirakan akan diuntungkan dari saldo kas yang ada, hasil dari penerbitan obligasi US$ 200 juta, dan dividen dari investasinya.

Barito melalui anak usahanya memiliki 49% saham di proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara 2.000 megawatt. Adapun, struktur permodalan Barito berasal dari kontribusi lahan, investasi potensial oleh investor strategi, dan arus kas, yang berasal dari konversi waran yang sebagian besar dimiliki oleh Projogo Pangestu, yang memiliki hampir 73% saham Barito. 

Saldo biaya proyek diharapkan akan didanai dengan utang proyek pada tingkat usaha patungan dan ekuitas dari mitra. PT Indonesia Power, anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (Baa2 stable), memiliki sisa 51% dari proyek pembangkit listrik tenaga batubara.

Prospek yang stabil mencerminkan ekspektasi Moody bahwa dividen dari Chandra Asri, dikombinasikan dengan saldo kas yang ada, akan cukup untuk mendukung beban bunga dan biaya operasional Barito selama masa obligasi. Selanjutnya, bagian dari kontribusi ekuitas Barito untuk pembangkit listrik tenaga batu bara diperkirakan akan didanai dengan hati-hati.

Peringkat dapat ditingkatkan jika: 1) Chandra Asri meningkatkan dividennya dan/atau Star Energy mulai membayar dividen sehingga mendiversifikasi arus kas Barito dan mendukung cakupan bunga - didefinisikan sebagai dividen yang diterima untuk menguangkan Beban bunga di Barito - di atas 2,0 kali secara berkelanjutan ; dan 2) menunjukkan kemampuan untuk mempertahankan saldo tunai lebih dari 2,0 kali bunga di tingkat Barito, meskipun melakukan investasi ekuitas dalam proyek CFPP-nya.

Peringkat dapat diturunkan jika: 1) aliran dividen dari Chandra Asri dan Star Energy menurun sehingga cakupan bunga turun di bawah 1,25 kali; atau 2) kepemilikan gabungan saham Pangestu dan Barito di Chandra Asri jatuh di bawah 50%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×