kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modernland menggelar proyek di kawasan Cikande


Senin, 23 Oktober 2017 / 07:02 WIB
Modernland menggelar proyek di kawasan Cikande


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun depan, PT Modernland Realty Tbk akan membangun pusat perbelanjaan, pergudangan hingga pabrik pengolahan air di Modern Cikande Industrial Estate (MCIE), Serang, Banten. Aneka proyek baru tersebut untuk melengkapi proyek kawasan industri yang sudah beroperasi. Pengembangan proyek berjalan di bawah anak usahanya yang bernama PT Modern Industrial Estat.

Menurut catatan Modern Industrial, 200 perusahaan sudah membeli lahan industri di MCIE. Sebanyak 165 perusahaan di antaranya sudah menjalankan bisnis di sana. Mayoritas berupa sektor material bangunan, baja, serta makanan dan minuman.

Tahun 2018, Modern Industrial menyiapkan pusat perbelanjaan yang khusus menyediakan area kuliner. "Konsepnya commercial park seperti citywalk yang menyediakan tempat-tempat makan," terang Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Modern Industrial sudah mengawali pembangunan hotel bintang tiga di MCIE dengan nilai investasi Rp 125 miliar. Target operasional hotel dengan operator Swiss-Belinn itu pada Februari 2018.

Rencana lain, tahun depan Modern Industrial berencana menghadirkan pergudangan  di lahan 100 hektare (ha). Pengembangan tahap I memakan area seluas 30 ha dengan investasi Rp 200 miliar. 

Modern Industrial memilih membangun gudang dengan ukuran besar. Satu gudang akan menempati lahan seluas 3.000 meter persegi (m²) dengan luas bangunan 1.500 m². Tujuannya supaya gudang bisa sekaligus dipakai untuk  pabrik. Untuk debut perdana, mereka akan menyewakannya terlebih dahulu.

Namun, realisasi proyek pergudangan menunggu gerbang Tol Cikande beroperasi. Modern Industrial memprediksi bakal sulit memasarkan proyek pergudangan tanpa adanya akses tol. Asal tahu, jarak antara gerbang Tol CIkande dengan MCIE sekitar 900 meter.

Proyek infrastruktur air juga masuk dalam agenda pengembangan proyek. Maklum, Modern Industrial memiliki izin pembangunan pabrik pengolahan air hingga 500 liter per detik. Saat ini, perusahaan ini sudah membangun pabrik pengolahan air dengan kapasitas 100 liter per detik.

Sambil menyusun rencana kerja tahun 2018, Modern Industrial mengejar penjualan lahan. Dari target penjualan 60 ha lahan tahun ini, mereka sudah merealisasikan penjualan 38 ha lahan sepanjang Januari-September 2017.

Modern Industrial yakin bisa menutup sisa target penjualan lahan lantaran tengah melakukan negosiasi penjualan dengan calon pembeli. "Kami masih ada waktu dua bulan lagi untuk melanjutkan negosiasi," tandas Pascall.

Modern Industrial juga tak akan menyia-nyiakan izin pengembangan kawasan industri seluas 3.175 ha di MCIE. Target belanja lahan tahun ini hingga tahun depan seluas 500 ha. Sumber dana akuisisi lahan berasal dari Modernland Realty. Informasi saja, total lahan yang sudah mereka kembangkan di MCIE mencapai 1.500 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×