kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minimarket bakal ketiban untung tahun depan


Rabu, 19 Desember 2018 / 19:41 WIB
Minimarket bakal ketiban untung tahun depan


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan PT Indomarco Prismatama masih akan menambah jumlah gerainya pada tahun depan. Sebab tahun politik bisa membuat minimarket untung lantaran belanja produk meningkat.

Wiwiek Yusuf, Marketing Director PT Indomarco Prismatama menyampaikan bahwa pemilik gerai Indomaret tersebut masih akan ekspansi secara masif. Perusahaan sejauh ini masih akan fokus untuk menggarap market domestik ketimbang melebarkan sayap ke pasar luar negeri.

“Belum ada rencana pengembangan (bisnis) keluar (negeri) dalam waktu dekat. Betul fokus ke pasar domestik, rencana (tahun depan) mau buka sekitar 1000-an gerai,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (19/12)

Manajemen menyampaikan bahwa sampai dengan November 2018 ini, Indomaret sudah memiliki 16.140 gerai di seluruh Indonesia. Pasar domestik masih menjadi salah satu fokus utama perusahaan, dengan jumlah penduduk yang besar dan potensi yang masih bisa dikembangkan perusahaan.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) juga masih ekspansif pada tahun depan, kendati tidak semasif tahun-tahun sebelumnya, perusahaan pemilik gerai Alfamart tersebut yakin kinerjanya akan tumbuh tahun depan. Apalagi perusahaan juga memperkuat ekosistem digital untuk bisa mendapatkan tambahan pendapatan.

Anggara Hans Prawira, Presiden Direktur AMRT menyampaikan bahwa tahun ini dan tahun depan ekspansi perusahaan tidak akan semasif tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, perusahaan tengah melakukan konsolidasi dan memperkuat pertumbuhan organic growth gerai-gerai eksisting ditambah dengan pendapatan dari layanan fee based. “Tahun depan kami ekspansi sangat konservatif lah, internal kami sih maunya target 500 gerai tapi ya lihat situasinya nanti lah,” ujarnya.

Selain memperkuat pasar domestik, pemilik jejaring ritel Alfamart tersebut juga tengah menggarap pasar Filipina dengan lebih serius. Catatan Kontan.co.id, sampai dengan akhir tahun ini perusahaan bakal memiliki 525 gerai di Filipina, jumlah tersebut akan mencapai 750 gerai pada akhir tahun depan.

Persaingan kedua minimarket tersebut dipastikan juga bakal semakin semarak, khususnya dengan rencana Indomaret dan Alfamart untuk menggarap ruang komersial di MRT. Kendati tak merinci stasiun mana yang dibidik, namun keduanya mengkonfirmasi untuk bisa membuka gerai di stasiun-stasiun MRT pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×