kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder taat pajak dan gemar membeli perusahaan (3)


Kamis, 21 Februari 2019 / 14:35 WIB
Miliarder taat pajak dan gemar membeli perusahaan (3)


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

Selain kaya, Stephen Rubin juga ternyata adalah pembayar pajak yang taat. Dari sekian banyak orang kaya di Inggris, Rubin tercatat pembayar pajak yang cukup besar. Selain itu, Rubin dikenal sebagai pengusaha yang doyan ekspansi. Banyak perusahaan ia beli. Rubin juga terkenal orang yang berani menaruh duit menjadi sponsor di beberapa klub bola Liga Inggris. Namanya kian melambung saat perusahaannya mencatatkan laba bersih hingga 184,6 juta.

Stephen Rubin memang layak menjadi teladan bagi banyak orang. Masuk dalam jajaran orang paling tajir se-dunia, Rubin juga ternyata termasuk salah satu konglomerat paling taat pajak di negaranya.

Pada periode tahun 2017 hingga 2018 lalu, Rubin tercatat merupakan wajib pajak dengan pembayaran pajak paling tinggi se-Inggris Raya. Tercatat, Rubin membayar pajak sebesar 181,6 juta atau setara US$ 236,77 juta.

Nama Rubin tercatat pembayar pajak paling tinggi dibandingkan orang kaya Inggris lain seperti Denise, John dan Peter Coates dan Sir James Dyson. Sebagian besar pajak tersebut merupakan hasil usahanya di beberapa perusahaan miliknya.

Salah satunya yang terbesar adalah JD Sports, Rubin menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan itu. Dari total pajak yang harus dibayarkan olehnya pada tahun 2018 yakni sebesar 181,6 juta, sebanyak 121,5 juta berasal dari pendapatannya di JD Sports. Sisanya berasal dari Pentland dan dividen yang diperoleh atas namanya.

Asal tahu saja, JD Sport merupakan perusahaan ritel yang berbasis di Bury, Manchester Inggris yang fokus untuk menjual produk dan peralatan olahraga.

Perusahaan ini juga merupakan salah satu anak usaha Grup Pentland miliknya. Kepemilikan sahamnya di JD Sports masih terbilang baru yakni pada bulan Mei 2005. Kala itu Pentland membeli saham dari salah satu pemilik perusahaan yaitu Wardle dan Makin sebesar 44,6 juta.

Kiprah Rubin di perusahaan ini juga sangat masif, mengingat pasca diboyong oleh Pentland, JD Sports bertumbuh semakin pesat. Terutama pada tahun 2007 akhir, Pentland yang tercatat sebagai pemegang saham terbesar membeli beragam lisensi merek ternama. Sebut saja seperti Firetrap, Alu, Henleys dan Adidas harga sebesar 19 juta.




TERBARU

[X]
×