Berita Ekonomi

Menyusul Kekalahan May, Partai Buruh Inggris Mengusulkan Mosi Tidak Percaya

Rabu, 16 Januari 2019 | 06:29 WIB
Menyusul Kekalahan May, Partai Buruh Inggris Mengusulkan Mosi Tidak Percaya

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - LONDON. Setelah parlemen mengalahkan Theresa May dalam pemungutan suara mengenai Brexit dengan rasio 432 suara lawan 202 suara, pemimpin Partai Buruh oposisi Jeremy Corbyn segera meminta pemungutan suara mosi tidak percaya terhadap pemerintah May.

Pemungutan mosi tidak percaya ini dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu pukul 19.00 waktu Inggris, atau Kamis dini hari pukul 02.00 WIB.

"Jelas bahwa parlemen tidak mendukung kesepakatan ini, tetapi pemungutan suara malam ini juga tidak memberi tahu kita apa pun yang didukung," kata May kepada parlemen, beberapa saat setelah hasilnya diumumkan.

"... tidak ada apa-apa tentang bagaimana -atau bahkan jika- itu bermaksud untuk menghormati keputusan yang diambil oleh orang Inggris dalam sebuah referendum yang diputuskan oleh parlemen."

Dengan sikap May yang bersumpah untuk bersikukuh mendukung kesepakatan dan Partai Buruh berusaha memicu pemilihan nasional, parlemen masih mengalami jalan buntu, tanpa proposal alternatif.

Juru bicara May mengatakan kepada wartawan bahwa kesepakatan May masih bisa membentuk dasar dari kesepakatan dengan Uni Eropa, tetapi lawan tidak setuju.

"Kesepakatan ini sudah mati," kata Boris Johnson, Brexiteer paling terkemuka dari Partai Konservatif, yang mendesak May untuk kembali ke Brussels untuk mencari hubungan yang lebih baik.

Jika ada penghiburan untuk May, itu adalah musuh internalnya tampaknya akan melawan upaya menjatuhkannya.

Partai DUP Irlandia Utara kecil, yang menopang pemerintah minoritas Mei dan menolak mendukung kesepakatan, mengatakan masih akan berdiri di belakang May dalam pemungutan suara tidak percaya.

Konservatif pro-Brexit yang merupakan lawan paling keras dari kesepakatannya juga mengatakan mereka akan mendukungnya.

Partai Buruh mengatakan jika gagal memicu pemilihan, mereka melihat kemungkinan mendukung referendum lain.

Uni Eropa (UE) sendiri mengatakan bahwa Brexit dengan kesepakatan tetap merupakan cara terbaik dan satu-satunya untuk memastikan pengunduran diri Inggris yang tertib. Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan tidak akan ada negosiasi ulang lebih lanjut.

"Risiko penarikan yang tidak tertib oleh Inggris telah meningkat dengan pemungutan suara malam ini," kata Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker, menambahkan bahwa hal itu akan mengintensifkan persiapan Brexit tanpa kesepakatan.

Seorang juru bicara Partai Buruh mengatakan bahwa semakin besar kemungkinan Inggris harus meminta UE menunda tenggat waktu "perceraian" pada 29 Maret.

Namun, Donald Tusk, ketua para pemimpin UE, menyarankan Inggris mempertimbangkan untuk membalikkan Brexit sama sekali.

"Jika sebuah kesepakatan tidak mungkin, dan tidak ada yang menginginkannya, maka siapa yang akhirnya akan berani mengatakan apa satu-satunya solusi positif itu?" kata dia di Tweeter.

Sterling menguat lebih dari satu sen terhadap dolar seiring muncul harapan bahwa skala kekalahan mungkin memaksa anggota parlemen untuk mengejar opsi lain.

May mengatakan dia akan menjangkau partai-partai oposisi, tetapi Corbyn, yang ingin agar Partai Buruh diberi kesempatan untuk bernegosiasi dengan Brussels, menolak.

"Aset Inggris akan terus rentan terhadap gejolak politik dan kami tidak berharap ini akan surut sampai kesimpulan konkret muncul," UBS Wealth Management mengatakan kepada klien.

Terbaru