Menyatukan pecinta Land Rover dalam pertemuan terbesar di Asia

Sabtu, 05 Januari 2019 | 16:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Menyatukan pecinta Land Rover dalam pertemuan terbesar di Asia


KOMUNITAS - Ada pemandangan yang beda di kaki Gunung Gede Pangrango akhir tahun lalu. Persisnya, di daerah Cibodas, Jawa Barat.

Tak kurang dari 800 Land Rover berbagai seri berkumpul di areal bumi perkemahan dengan ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. Mulai series 1 sampai yang terakhir.

Yang menarik, para pemiliknya bukan cuma datang dari berbagai daerah di Indonesia, juga dari luar negeri. Sebut saja, asal Malaysia, Singapura, bahkan Prancis.

Maklum, ada hajatan besar di Cibodas pada 2123 Desember 2018 lalu. Para pecinta Land Rover di tanah air kembali menggelar kegiatan Indonesia Land Rover United (ILRU).

Ini merupakan kali empat para pemilik dan penggemar Landy, sebutan Land Rover, mengadakan ILRU. “Event ini bisa dibilang sebagai Lebarannya pencinta Land Rover di Indonesia,” kata Ryco Arnaldo, Ketua Pelaksana ILRU 4, kepada kontan.co.id.

Bahkan, Ryco berani mengklaim, ILRU 4 sebagai pertemuan pecinta Land Rover terbesar di Asia. “Beberapa peserta dari Malaysia mengakui, mereka belum pernah melihat event Land Rover sebesar dan semegah ini di Asia,” ujarnya.

ILRU 4 makin istimewa lantaran kedatangan pasangan suami istri asal Prancis yang sedang keliling dunia dengan Land Rover miliknya. Dan, mereka sedang berada di Jawa.

Menurut Ryco, kendaraan Land Rover yang datang ke acara yang mengusung tema Camping Festival itu di atas target. Targetnya, sebanyak 700 Land Rover dari berbagai jenis akan meramaikan ILRU 4. Tapi itu tadi, yang datang lebih dari 800 kendaraan.

Maklum, hampir setiap provinsi memiliki komunitas Land Rover. Sebab, populasi Land Rover cukup banyak di negara kita. Apalagi, Landy dikenal sebagai kendaraan kebun atau untuk keluar masuk hutan dengan segala ketangguhannya.

Jenis Land Rover yang ada di Indonesia sangat banyak. Bahkan, ada yang langka seperti Defender Camel Trophy yang cuma ada satu di negara kita.

Tampak semangat para Land Rover mania yang mengikuti pagelaran tersebut. Mereka mengikuti semua acara antusias, mulai fun offroad hingga drive in theatre yang bisa jadi pertama di dunia dengan satu kendaraan sejenis.

Tak ketinggalan, berbagai permainan untuk anak-anak. Sebab, tak sedikit peserta ILRU 4 yang membawa keluarga serta.

Selain itu, juga ada bakti sosial di ILRU 4. “Dalam kegiatan ini kami membagikam sembako kepada pondok pesantren yang ada sekitar lokasi acara,” imbuh Ryco.

A.M. Putranto, Pembina Kegiatan ILRU 4, merasa salut dengan kesuksesan acara ini. “Bisa menggabungkan dan menyatukan seluruh pemilik kendaraan Land Rover dari seluruh Indonesia,” kata jenderal berbintang tiga ini.

Perhelatan dua tahunan itu akan kembali berlangsung di 2020 mendatang. Rencananya, lokasi ILRU 5 di daerah Jawa Timur.

Info saja, ILRU 1 berlangsung di Jogja pada 2012. Ada sekitar 400 Land Rover yang datang ke event perdana ini. Pagelaran ILRU 2 di Bandung pada 2014 yang diikuti 660 kendaraan. Kemudian, ILRU 3 di Bali dengan 400 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru