Berita

Market Global: Saham AS Naik, Pounsterling Menguat, Harga Minyak Mentah Tergelincir

Jumat, 18 Januari 2019 | 07:23 WIB
Market Global: Saham AS Naik, Pounsterling Menguat, Harga Minyak Mentah Tergelincir

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks saham global naik pada Kamis karena optimisme atas resolusi perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Pounsterling menguat di tengah harapan referendum kedua mengenai keanggotaan Inggris di Uni Eropa.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin membahas untuk mengangkat beberapa atau semua tarif yang dikenakan pada impor Tiongkok dan menyarankan untuk menawarkan pengembalian tarif selama diskusi perdagangan yang dijadwalkan 30 Januari, Wall Street Journal melaporkan pada hari Kamis, mengutip orang-orang yang akrab dengan persoalan ini.

Saham-saham AS menguat mengikuti laporan tersebut, tetapi turun kembali setelah juru bicara Departemen Keuangan mengatakan kepada CNBC bahwa Mnuchin belum membuat rekomendasi semacam itu.

"Pasar ingin mendengar beberapa berita perdagangan positif. Pasar mengharapkan untuk mendengar setidaknya sesuatu yang positif secara bertahap," kata Scott Wren, ahli strategi ekuitas global senior di Wells Fargo Investment Institute di St. Louis.

Dow Jones Industrial Average naik 162,94 poin (0,67%) menjadi 24.370,1. S&P 500 naik 19,86 poin (0,76%) menjadi 2.635,96. Nasdaq Composite bertambah 49,77 poin (0,71%) menjadi 7.084,46.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,04% dan indeks saham MSCI di seluruh dunia naik 0,40%.

Sebelumnya beberapa investor mengambil hati dari konfirmasi Beijing bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He akan menuju ke Amerika Serikat pada 30 Januari untuk berunding lebih lanjut dengan Washington. 
Pembicaraan baru-baru ini membawa sedikit kemajuan untuk menyelesaikan pertempuran perdagangan yang berkepanjangan antara AS dan China.

Di lain pihak, muncul kekhawatiran baru dari undang-undang yang diperkenalkan oleh anggota parlemen AS pada hari Rabu yang akan melarang penjualan chip bikinan AS atau komponen lain ke Huawei atau pembuat peralatan telekomunikasi China lain yang melanggar sanksi AS.

Poundsterling Inggris naik ke level tertinggi dua bulan terhadap euro dan menguat ke level tertinggi dua bulan terhadap dolar. Mata uang ini diperdagangkan naik 0,77% pada US$ 1,298, tertinggi sejak 15 November.

Perdana Menteri Theresa May telah bertemu anggota parlemen dari semua pihak dalam upaya menemukan jalan keluar dari kebuntuan tentang bagaimana Inggris harus meninggalkan Uni Eropa, setelah rencana May ditolak oleh parlemen pada hari Selasa.

Meskipun ia telah berulang kali menolak gagasan referendum kedua, kampanye vokal yang mendukung diadakannya pemungutan suara baru mendapat dukungan dari beberapa anggota parlemen.

Imbal hasil surat utang AS naik dengan imbal hasil surat utang tenor 10-tahun mendekati level tertinggi tiga minggu. Data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan dan harapan untuk kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China mengurangi permintaan safe-haven untuk utang pemerintah.

Harga minyak stabil, didorong oleh rebound saham AS dan berita bahwa OPEC secara tajam membatasi produksi pada Desember, setelah sebelumnya kehilangan kekhawatiran tentang melonjaknya produksi minyak AS dan melemahnya permintaan global.

Harga minyak mentah Brent turun 14 sen untuk menetap di US$ 61,18 per barel setelah sempat diperdagangkan serendah US$ 60,04 intraday. Minyak mentah berjangka AS turun 24 sen menjadi US$ 52,07.

Terbaru
IHSG
7.288,81
0.29%
-21,28
LQ45
985,97
0.44%
-4,40
USD/IDR
15.853
0,35
EMAS
1.222.000
0,41%