Berita Bisnis

Lippo Karawaci Jual Lippo Mal Puri ke LMIRT Senilai Rp 3,7 Triliun

Selasa, 12 Maret 2019 | 20:17 WIB
Lippo Karawaci Jual Lippo Mal Puri ke LMIRT Senilai Rp 3,7 Triliun

Reporter: Herry Prasetyo | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), lengan bisnis Grup Lippo di sektor properti, kembali menggelar divestasi aset.

Senin (11/3) kemarin, Lippo Karawaci melalui anak usaha yang dimiliki sepenuhnya, PT Mandiri Cipta Gemilang, meneken perjanjian pengikatan jual beli bersyarat (PPJB) berkaitan dengan penjualan komponen ritel Lippo Mall Puri.

Bertindak sebagai pembeli adalah PT Puri Bintang Terang. Berdiri pada 13 Juli 2018, Puri Bintang Terang adalah perusahaan investasi yang didirikan oleh Lippo Mall Indonesia Retail Trust (LMIRT).

Terletak di Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Lippo Mall Puri berdiri di atas lahan seluas 60.66 meter persegi (m2).

Berdasarkan PPJB, Mandiri Cipta Gemilang sepakat untuk menjual beberapa unit sertifikat hak milik satuan rumah susun (SHMSRS) dengan luas lantai bruto seluas 165.172 meter persegi (m2).

Total harga penjualan sebesar Rp 3,7 triliun. Nilai akuisisi tersebut lebih rendah 5,13% dari hasil dua penilaian independen yang dilakukan oleh Cushman & Wakefield VHS Pte. Ltd. dan Colliers International Consultancy & Valuatin (Singapore) Pte. Ltd. per 31 Desember 2018.

Berkaitan dengan rencana penjualan Lippo Mall Puri, Mandiri Cipta Gemilang akan menovasikan perjanjian sewa-menyewa dengan penjewa dalam Lippo Mall Puri kepada Puri Bintang Terang. Hal itu akan dilakukan melalui penandatanganan suatu perjanjian novasi yang melibatkan Mandiri Cipta Gemilang, Puri Bintang Terang, dan para penyewa.

Berkaitan dengan pengoperasian Lippo Mall Puri selain bagian yang akan dijual, Mandiri Cipta Gemilang akan meneken amendemen perjanjian pengelolaan properti.

Pelaksanaan rencana penjualan Lippo Mall Puri akan dilakukan setelah dipenuhinya persyaratan pendahuluan sebagaimana disepakati bersama antara Mandiri Cipta Gemilang dan Puri Bintang Terang. Penjualan juga tunduk pada persetujuan regulator, pemegang saham, dan pihak lainnya.

Lippo Karawaci menargetkan, penjualan Lippo Mall Puri selesai pada semester II-2019.

Lippo Karawaci merupakan sponsor LMIRT sekaligus pemegang 30,7% kepemilikan unit LMIRT. Manajer LMIRT adalah LMIRT Management Ltd., anak usaha yang dimiliki sepenuhnya oleh Lippo Karawaci.

Sebagai bagian dari penjualan Lippo Mall Puri, Lippo Karawaci harus membayar pajak dan biaya lain-lain terkait transaksi tersebut serta kewajiban sewa real estate investment trust (REIT). Selain itu, Lippo Karawaci berkomitmen mempertahankan 30,7% sahamnya di LMIRT dengan berpartisipasi dalam rencana penggalangan modal oleh LMIRT terkait dengan akuisisi Lippo Mall Puri. Diperkirakan, kebutuhan dana yang harus Lippo Karawaci sediakan sekitar US$ 60 juta.

Terbaru