kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Samudera Indonesia (SMDR) tertekan harga bahan bakar


Minggu, 04 November 2018 / 14:58 WIB
Laba Samudera Indonesia (SMDR) tertekan harga bahan bakar


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) berhasil membukukan pendapatan sebesar US$ 357,96 juta hingga kuartal III-2018. Bani Mulia, Direktur Utama Samudera Indonesia mengatakan angka tersebut naik sekitar 13% dibandingkan reasliasi pendapatan di periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 316,67 juta.

"Secara volume pengangkutan kita memang ada pertumbuhan hanya saja terjadi beberapa kendala yang berimbas pada laba salah satunya bunker atau kenaikan harga bahan bakar," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (4/11).

Menurutnya, mulai dari awal tahun lalu terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak yang lebih tinggi di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Budget kita kurang sementara minyak naik terus alhasil meskipun revenue naik tapi laba tetap tergerus," ujarnya.

Selama ini sistem pendapatan dominan diperoleh dari kontrak, sehingga pengeluaran pun disesuaikan dengan nilai kontrak sebelumnya dimana perseroan tidak bisa langsung menaikkan harga jasa.

Adapun komposisi pendapatan hampir 55% diperoleh dari kontrak internasional namun secara profit 80% diperoleh dari domestik. "Jadi meskipun dari luar kontribusi pendapatamnya besar namun kontribusinya pada buttom line itu sedikit tidak lebih dari 20% dan selebihnya dari domestik," ujarnya.

Alhasil dengan kinerja tersebut, laba bersih perseroan hingga kuartal III-2018 yang dapat diatribusikan sebesar US$ 6,5 juta, turun 11,74% dibandingkan periode tahun lalu sebesar US$ 7,41 juta.

Ditanya soal target hingga akhir tahun, Bani enggan menjelaskan secara rinci hanya saja ia mengatakan optimis hingga akhir tahun pertumbuhan pendapatan bisa melampuai target yakni lebih dari 19% ketimbang pendapatan tahun lalu. "Sacara revenue kita optimis tapi mungkin untuk laba sedikit pesimis," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×