kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba ACST melesat 178% di kuartal III


Selasa, 31 Oktober 2017 / 22:04 WIB
Laba ACST melesat 178% di kuartal III


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Acset Indonusa Tbk (ACST) secara konsisten mencatatkan performa kinerja yang meyakinkan. Hingga kuartal III 2017, laba bersih emiten konstruksi ini melesat hingga 178%.

Salah satu lini bisnis Grup Astra itu berhasil mengantongi laba bersih Rp 111,2 miliar selama sembilan bulan pertama tahun ini. Pencapaian itu meningkat tajam dari periode yang sama tahun 2016 yang hanya Rp 40,3 miliar.

Maria Cesilia Hapsari, Sekretaris Perusahaan ACST mengatakan, melesatnya laba bersih perusahaan sejalan dengan pertumbuhan pendapatan usaha sebesar 50,7% year on year (yoy) menjadi Rp 1,94 triliun dari Rp 1,3 triliun di kuartal III 2016.

"Pendapatan dalam periode ini didominasi oleh sektor infrastruktur sebesar 53%, kemudian disusul sektor konstruksi 34%, fondasi 9% dan lainnya 4%," kata Maria dalam keterangan resmi, Senin (30/10).

Maria bilang, kenaikan pendapatan dan laba bersih pada periode tersebut terutama didukung kontribusi dari proyek jalan tol layang Jakarta-Cikampek II.

Hingga saat ini, Acset telah meraih perolehan kontrak baru sebesar Rp 7,15 triliun atau setara dengan 95,3% dari total target yang telah ditentukan yakni sebesar Rp 7,5 triliun. Perusahaan telah mengantongi beberapa proyek di bidang fondasi dan infrastruktur.

Adapun proyek infrastruktur yang sudah diperoleh tahun ini diantaranya jalan tol  layang Jakarta-Cikampek II, jalan tol Bakauheni-Sidomulyo dan proyek jalan tol JORR II ruas Kunciran-Serpong.

Sedangkan untuk sektor pondasi, perseroan ini telah mendapatkan proyek pengerjaan soil improvement di Batang, mixed-use development di Kebon Sirih, pekerjaan bored-pile St. Regis, PLTU Jepara Unit 5 dan 6 PLTU (sekitar 25% milik PT United Tractor Tbk) dan terbaru pengerjaan pondasi untuk Menara Tendean di kawasan Jakarta Selatan.

Proporsi perolehan kontrak baru ACSET di sektor infrastruktur adalah sebesar 96% dan pondasi 4%. Selain itu, Acset juga masih mengerjakan beberapa proyek struktur lain seperti Apartemen West Vista, Indonesia 1, Thamrin Nine, Lot 28 SCBD dan Langham Lot 13 SCBD.

Per 5 Oktober 2017, perusahaan merambah bidang pengerukan dan reklamasi dengan membentuk perusahaan PT Dredging International Indonesia (DII). Itu merupakan perusahaan ventura bersama yang dibentuk ACST dan Dredging International Asia Pacific Pte. Ltd., (DIAP)—anak perusahaan Dredging Environmental & Marine Engineering, NV (DEME) yang beroperasi di kawasan Asia Pasifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×