Kronologi longsor di area tambang emas Bolaang Mongondow Sulut

Rabu, 27 Februari 2019 | 07:55 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Kronologi longsor di area tambang emas Bolaang Mongondow Sulut


TANAH LONGSOR - JAKARTA. Evakuasi puluhan orang penambang emas tanpa izin yang tertimbun longsor terus dilakukan oleh tim SAR gabungan di areal PETI Desa Bakan Kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow Sulawesi Utara (Sulut). 

"Data sementara: 1 orang tewas, 13 orang luka, dan puluhan orang masih tertimbun," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (27/2).

Tanah longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bakan Kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow Sulut terjadi pada Selasa (26/2) pukul 21.00 WITA.

Kronologis bencana terjadi saat puluhan orang sedang menambang emas dilokasi tersebut tiba-tiba tiang dan papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang.

"Diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang," ujar Sutopo.

Sutopo menjelaskan sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran. 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru