kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi ekonomi diproyeksi membaik, saham-saham siklikal ikut menarik


Jumat, 24 September 2021 / 06:10 WIB
Kondisi ekonomi diproyeksi membaik, saham-saham siklikal ikut menarik


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Menurut catatan Kontan.co.id penambahan kasus Covid-19 tidak lebih dari 2.000 kasus per hari. Jumlah ini 98% lebih rendah dibanding puncak yang terjadi 15 Juli 2021 yang lalu.

Analis Erdhika Elit Sekuritas Hendri Widiantoro mencermati, beberapa indikator ekonomi pada bulan Agustus 2021 menunjukkan perbaikan jika dibandingkan dengan periode Juli 2021. Misalnya, loan growth yang baru saja dirilis pada pekan ini yang tumbuh sebesar 1,16% dari 0,5%.

Ini menandakan adanya pertumbuhan kredit pasca kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi pada periode Juni-Agustus 2021.

Sepengamatannya, perbaikan data ekonomi masih akan berlanjut pada kuartal IV 2021. Perbaikan ini ditopang oleh pelonggaran-pelonggaran yang diterapkan oleh pemerintah di tengah PPKM, seperti mulai adanya pembukaan bioskop, restoran, dan fasilitas olahraga outdoor.

Termasuk, diizinkannya work from office (WFO) untuk perkantoran non-esensial dengan kapasitas maksimal 25%.

Baca Juga: Arah dolar AS menanti hasil pertemuan The Fed

"Sehingga dengan demikian, laju pertumbuhan ekonomi dan mobilitas akan kembali meningkat," ungkap Hendri kepada Kontan.co.id, Kamis (25/9).

Adapun sinyal pemulihan ini akan memicu pelaku pasar melirik saham-saham siklikal.  Hendri menjelaskan, saham-saham siklikal yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi cenderung akan memimpin dari sisi pergerakannya.

Adapun saham yang sensitif dengan pertumbuhan ekonomi biasanya mempunyai perbaikan performa terlebih dahulu sebelum pemulihan ekonomi terjadi.

Sepengamatannya, dengan sinyal-sinyal pemulihan tadi, sektor energi dan sektor keuangan yang akan terpengaruh signifikan. Lebih lanjut diungkapkan, pemulihan ekonomi terjadi seiring dengan tingkat keberanian pengusaha untuk melakukan ekspansi.




TERBARU

[X]
×