kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kliring Berjangka Indonesia dorong literasi lewat KBI e-ducentre


Selasa, 26 Januari 2021 / 12:57 WIB
Kliring Berjangka Indonesia dorong literasi lewat KBI e-ducentre
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia memperkenalkan?KBI e-ducentre untuk mengedukasi investor.


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia, F. Wishnubroto mengatakan industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) memerlukan edukasi dan literasi secara berkelanjutan. Kini,  PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) di tahun 2020, telah menginisiasi pembentukan KBI e-ducentre untuk mengedukasi investor.  

Wishnubroto melihat PBK di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik investasi ini. 

Memang, investasi di PBK memiliki risiko yang besar, oleh sebab itu pelaksanaan edukasi dan literasi harus dilakukan dengan tepat sasaran. "Perlu dilakukan kolaborasi antar semua pemangku kepentingan di PBK untuk dapat memberikan edukasi dan literasi terkait PBK ini," kata Wishnubroto dalam keterangan tertulis, Selasa (26/1). 

Senada, Fajar Wibhiyadi Direkutur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (persero) menilai pemahaman masyarakat terakit industri ini masih belum maksimal dan ini menjadi tantangan besar ke depan bagi self regulatory organization (SRO) di PBK. "KBI senantiasa mengajak semua pemangku kepentingan unuk melakukan kerjasama dan kolaborasi dalam memberikan edukasi dan literasi terkait PBK ini kepada masyarakat," kata Fajar. 

Baca Juga: Ada 229 aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia, simak daftar lengkapnya

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan sebagai Lembaga Kliring Penyelesaian dan Penjaminan Transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi serta Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka Jakarta.

Industri Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia sepanjang tahun 2020 mencatatkan kinerja yang positif, bahkan mencatatkan rekor transaksi sepanjang industri ini ada di Indonesia. Data dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menyebutkan, sepanjang tahun 2020 volume transaksi Kontrak SPA di Bursa Berjangka Jakarta mencapai 7.767.855,4 lot, sedangkan Kontrak Primer mencapai 1.678.267 Lot.

Fajar menambahkan meningkatnya taraf hidup ekonomi masyarakat bisa membuka potensi para pertumbuhan jumlah investor yang akan berinvestasi di PBK. Namun, kembali lagi, Fajar mengingatkan investor perlu memahami secara baik tentang investasi ini, terutama terakit risiko investasi yang ada. 

Terkait edukasi dan literasi di Perdagangan Berjangka Komoditi, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) di tahun 2020 telah menginisiasi pembentukan KBI e-ducentre. Lembaga ini memiliki fungsi untuk melakukan edukasi, literasi dan riset terkait Perdagangan Berjangka Komoditi, Pasar Fisik Komoditas serta Sistem Resi Gudang. 

Selanjutnya: Aspakrindo sambut baik aturan Bappebti soal penetapan daftar aset kripto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×