kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalbe Farma (KLBF) Menghentikan Proses Pengembangan Vaksin GX-19, Ada Apa?


Rabu, 16 Maret 2022 / 23:00 WIB
Kalbe Farma (KLBF) Menghentikan Proses Pengembangan Vaksin GX-19, Ada Apa?
ILUSTRASI. Tablet obat produksi Kalbe Farma.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan  Genexine memutuskan untuk menghentikan proses pengembangan vaksin Covid GX-19. Keputusan itu mempertimbangkan adanya rencana perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Di sisi lain, suplai vaksin Covid-19 yang dipergunakan untuk vaksin primer atau booster telah tersedia dengan baik.

"Perubahan status pendemi Covid-19 menjadi endemi, seperti penyakit influensa menyebabkan urgensi pengembangan vaksin menjadi tidak signifikan, ditambah suplai vaksin di Indonesia telah mencukupi, “kata Sie Djohan, Direktur Kalbe Farma dalam keterbukaan informasi, Rabu (16/3). Padahal, pengembangan vaksin  GX-19 sejauh ini sudah memasuki fase uji klinik 2b/3 di Indonesia.

Walau proses pengembangan vaksin GX-19 dihentikan, KLBF tetap akan memanfaatkan teknologi DNA untuk pengembangan vaksin lain sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk onkologi. "Kami terus berinovasi untuk mengembangan teknologi DNA vaksin ini menjadi vaksin lain di luar Covid-19 misalnya untuk onkologi," imbuh dia.

Baca Juga: PCR dan Antigen Tak Jadi Syarat perjalanan, Kalbe Farma Kembangkan ke Tes Lab Lain

Direktur Kalbe Farma Bernadus Karmin Winata menambahkan, strategi Kalbe untuk menghentikan proses pengembangan vaksin Covid GX-19 menjadi vaksin lain yang berbasis DNA tidak berpengaruh secara material bagi bisnis perusahaan. Sebab, sejak awal kontribusi bisnis vaksin GX-19 belum diperhitungkan ke dalam target pendapatan perusahaan.

“Biaya yang telah dikeluarkan untuk proses uji klinik fase 2b/3 juga tidak material dan tidak mempengaruhi keuangan perusahaan, “ tutup Bernadus.

Baca Juga: Kalbe Farma (KLBF) Gaet Perusahaan Asal India untuk Pasarkan Obat Covid-19 Movfor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×