kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investree menjadi mitra distribusi sukuk tabungan seri ST-002


Kamis, 01 November 2018 / 21:27 WIB
Investree menjadi mitra distribusi sukuk tabungan seri ST-002
ILUSTRASI. Investree


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemain peer to peer lending PT Investree Radhika Jaya menjadi salah satu mitra distribusi penjualan sukuk tabungan ST-002. Produk investasi untuk para investor individu yang berlandaskan prinsip syariah ini dapat dibeli di Investree secara online mulai 1 November 2018 hingga 22 November 2018 karena termasuk dalam jenis Surat Berharga Negara elektronik (e-SBN).

Berbeda dengan obligasi konvensional, ST-002 ditawarkan pemerintah sebagai tabungan investasi berlandaskan yang tidak melibatkan unsur perhitungan bunga (riba), unsur judi (maisyir), unsur penipuan (gharah), dan tidak mendatangkan kerugian kepada orang lain (mudharat).

ST-002 juga memiliki konsep akad wakalah, yaitu penerbit sukuk wajib menyatakan bahwa dirinya bertindak sebagai wali amanat/wakil dari pemegang sukuk untuk mengelola dana hasil penerbitan sukuk dalam berbagai kegiatan yang menghasilkan keuntungan.

Adrian Gunadi, Co-Founder dan CEO Investree dalam keterangan tertulis mengatakan, dengan menjadi mitra distribusi, pihaknya mengajak masyarakat yang ingin tetap berpegang pada prinsip syariah dalam berinvestasi untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Dengan tingkat imbalan 8,30% p.a., ST-002 memiliki tenor dua tahun dan minimal pemesanan sebesar Rp 1 juta. Selain itu, investor akan memperoleh keuntungan lainnya antara lain aman karena dijamin oleh negara, pemesanan mudah dan 100% online, imbalan dibayarkan setiap bulan oleh penerbit, dan tidak ada biaya tambahan untuk pembelian maupun pencairan.

Selama masa penawaran berlangsung, kata Adrian, pembelian ST-002 melalui Investree yang dilakukan di mana saja dan kapan saja akan mendapatkan bonus hingga 1% atau hingga Rp 30 juta (tidak berlaku kumulatif).

ST-002 merupakan instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas early redemption atau pencairan sebelum jatuh tempo, yaitu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST-002 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta di setiapmitra distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×