kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini kompensasi AirAsia untuk pembatalan 12 penerbangan akibat erupsi Gunung Merapi


Jumat, 11 Mei 2018 / 20:08 WIB
Ini kompensasi AirAsia untuk pembatalan 12 penerbangan akibat erupsi Gunung Merapi
ILUSTRASI. AirAsia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Erupsi Gunung Merapi yang mengakibatkan penutupan sementara Bandara Yogyakarta berdampak pada sejumlah penerbangan maskapai AirAsia.

Ada sejumlah penerbangan AirAsia yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi. Pertama, penerbangan AK 346 dari Kuala Lumpur–Yogyakarta yang dikembalikan ke asal. Lalu, pembatalan penerbangan AK 347 dari Yogyakarta–Kuala  Lumpur, penerbangan Kuala Lumpur-Yogyakarta, Yogyakarta–Kuala  Lumpur, Singapura-Yogyakarta, penerbangan QZ 7551 Yogyakarta–Jakarta, QZ 7550 Jakarta–Yogyakarta, QZ 7551 Yogyakarta–Jakarta, QZ 7552 Jakarta–Yogyakarta dan QZ 7553 Yogyakarta–Jakarta. 

Selain itu ada pembatalan penerbangan XT 8448 dari Bali–Yogyakarta dan XT 8449 dari Yogyakarta–Bali. AirAsia akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang yang terkena dampak  melalui email dan SMS.

"AirAsia mengimbau. semua penumpang untuk memperbarui nomor telepon dan alamat email yang terdaftar di www.airasia.com agar dapat senantiasa dihubungi untuk mendapatkan informasi terkini terkait status penerbangan," kata Baskoro Adiwiyono, Head of Communications AirAsia dalam keterangan resminya, Jumat (11/5).

Penumpang yang penerbangannya dibatalkan dapat memilih salah satu dari pilihan layanan kompensasi (Service Recovery Options) berikut:

Pertama, ubah jadwal (move flight). Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi.

Kedua, akun deposit (credit account). Deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari.

Ketiga, pengembalian dana (refund). Pengembalian dana secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih saat transaksi.

Keempat, ubah rute (rerouting). Ubah rute ke tujuan AirAsia terdekat ke Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semulatanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi.

Penumpang juga disarankan untuk terus memantau www.airasia.com dan media sosial AirAsia untuk mengetahui perkembangan informasi lebih lanjut. "Kami juga menyarankan penumpang untuk memeriksa jadwal perjalanan melalui fitur “Pembelian Saya” di situs AirAsia sebelum menuju ke bandara," jelas Baskoro.

Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan AirAsia melalui Customer Support. AirAsia akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×