kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indointernet (EDGE) resmi luncurkan fasilitas data center pertamanya, EDGE1


Jumat, 22 Oktober 2021 / 17:24 WIB
Indointernet (EDGE) resmi luncurkan fasilitas data center pertamanya, EDGE1
ILUSTRASI. Indointernet (EDGE) resmi meluncurkan fasilitas data center pertamanya, EDGE1.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Ekagrata Data Gemilang, anak perusahaan PT Indointernet Tbk (EDGE) resmi meluncurkan fasilitas data center pertamanya, EDGE1.

CEO EDGE DC Stephanus Oscar menuturkan, fasilitas tersebut dilengkapi dengan daya 6,0 MW yang didukung konfigurasi dual power (2N). Hal itu untuk redundansi dan keandalan yang memungkinkan konektivitas latensi rendah dan transfer data lebih cepat guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

EDGE1 Data Center berlokasi di pusat kota Jakarta, dekat dengan major internet exchange dan end user. Fasilitas ini merupakan data center yang dibangun khusus dengan total 8 lantai termasuk 5 lantai data hall yang dapat menampung hingga 1.300 rak.

Ia menyebutkan, EDGE1 adalah batu loncatan perusahaan dalam merintis edge data center di Indonesia dengan tujuan untuk menciptakan ekosistem yang saling terhubung dan dekat dengan end user untuk mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk membangun fasilitas data center kelas dunia di pusat kota Jakarta dengan rencana ke depan untuk membangun kapasitas IT Load dari 40 MW untuk mendukung skalabilitas bagi pelanggan kami,” ujarnya, Jumat (22/10).

Baca Juga: Tumpuan di masa depan, Indointernet (EDGE) memperkuat bisnis pusat data

Menurut Philbert Shih dari Structure Research, pasar colocation Jakarta diperkirakan akan mencapai US$ 647 juta pada tahun 2026, tumbuh pada CAGR 21,2% antara tahun 2021 dan 2026. Kombinasi dari ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat, percepatan adopsi cloud pada perusahaan, dan proliferasi perusahaan start-up, mendorong permintaan untuk colocation dan data center baru.

CEO Indonet, Karla Winata mengatakan, dengan semakin banyak bisnis yang beralih menggunakan teknologi dan adopsi digital yang lebih besar, menyediakan infrastruktur TI merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis EDGE. Lanjutnya, EDGE DC memberikan unique value proposition yang menggabungkan infrastruktur kelas dunia dengan lokasi strategis yang dekat dengan pusat jaringan utama Indonesia.

"Dengan manfaat tambahan dari rangkaian solusi jaringan Indonet, pelanggan di EDGE DC juga dapat menggunakan interkonektivitas berkecepatan tinggi yang diperlukan bagi bisnis agar dapat berkembang dengan cepat," imbuhnya.

Selanjutnya: Indointernet (EDGE) targetkan pembangunan date center fase 3-5 selesai tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×