ILRU, Lebarannya pencinta Land Rover di Indonesia

Sabtu, 08 Desember 2018 | 09:45 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
ILRU, Lebarannya pencinta Land Rover di Indonesia


KOMUNITAS - JAKARTA. Para pecinta Land Rover di tanah air kembali menggelar kegiatan Indonesia Land Rover United (ILRU). Event dua tahunan ini bakal berlangsung di daerah Cibodas, Jawa Barat, pada 21-23 Desember nanti.

Ini merupakan kali empat para pemilik dan penggemar Landy, sebutan Land Rover, mengadakan ILRU. “Event semacam gathering ini bisa dibilang sebagai Lebarannya pencinta Land Rover di Indonesia,” kata Ryco Arnaldo, Ketua Pelaksana ILRU 4, kepada kontan.co.id.

ILRU 4 mengusung tema Camping Festival. Lokasi kegiatan yang tepat berada di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut dan bersuhu dingin sangat cocok untuk kemping.

Karena itu, Ryco optimistis, ratusan pemilik dan penggemar Land Rover dari seluruh Indonesia akan membanjiri ILRU 4. “Pecinta yang tidak punya Land Rover juga boleh bergabung,” imbuhnya.

Nah,bicara tentang ILRU tentu bicara juga soal touring. Sebab, peserta kegiatan ini datang dari berbagai daerah sambil membawa Land Rover milinya.

Mereka mengendarai Land Rover ratusan hingga ribuan kilometer untuk bisa berkumpul dengan pecinta Landy lainnya di ILRU 4. “Justru touring-nya yang banyak dicari, bisa konvoi bareng puluhan mobil,” ujar Ryco. Targetnya, sebanyak 700 Land Rover dari berbagai jenis akan meramaikan ILRU 4.

Maklum, hampir setiap provinsi memiliki komunitas Land Rover. Sebab, populasi Land Rover cukup banyak di negara kita. Apalagi, Landy dikenal sebagai kendaraan kebun atau untuk keluar masuk hutan dengan segala ketangguhannya.

Bukan cuma dari dalam negeri, pecinta Landy dari sejumlah negara turut hadir di ILRU 4, seperti Malaysia dan Singapura. Termasuk, pasangan suami istri yang sedang keliling dunia dengan Land Rover miliknya dan sekarang sedang berada di Jawa bakal ikut serta.  

Selain kemping dan touring, ILRU 4 juga akan memamerkan Land Rover yang unik-unik, mulai series 1 sampai yang terakhir. Jenis Land Rover yang ada di Indonesia sangat banyak. Bahkan, ada yang langka seperti Defender Camel Trophy yang cuma ada satu di negara kita.

Kemudian, ada acara rover skill yang menonjolkan kemampuan driver dalam gim-gim off road ala Land Rover. Lalu, drive in theatre yang bisa jadi pertama di dunia dengan satu kendaraan sejenis

"Bisa dibayangkan, bagaimana serunya bisa berkumpul dengan berbagai jenis Land Rover. Bias dikatakan, akan ada sekitar 2.000 orang di dalam event ini," tambah Ryco.

Info saja, ILRU 1 berlangsung di Jogja pada 2012. Ada sekitar 400 Land Rover yang datang ke event perdana ini. Pagelaran ILRU 2 di Bandung pada 2014 yang diikuti 660 kendaraan. Kemudian, ILRU 3 di Bali dengan 400 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru