kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ICDX, PT Pos dan ICH bangun ekosistem syariah perdagangan fisik emas digital


Sabtu, 17 April 2021 / 14:55 WIB
ICDX, PT Pos dan ICH bangun ekosistem syariah perdagangan fisik emas digital


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pos Indonesia (Persero) melalui aplikasi PosGO Syariah membangun ekosistem syariah pertama dengan perdagangan fisik emas digital sebagai dasar ekosistem. PT Pos juga menggandeng bursa ICDX dan lembaga kliring ICH dalam pelaksanaannya.

Ekosistem syariah ini memungkinkan transaksi emas fisik dan utilisasi emas dalam berbagai kebutuhan melalui sistem aplikasi. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan seperti menabung dan berinvestasi emas (PosGold), transfer saldo maupun transfer emas (switch), pembelian produk-produk muslim (halal hub), perencanaan haji dan umrah (Gold To Mecca), serta layanan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf menggunakan emas (ZISWAF).

Pada fitur PosGold memungkinkan dapat mengakses pasar perdagangan emas murni internasional secara langsung melalui ekosistem pasar emas di bursa ICDX. Hal itu termasuk mekanisme penyerahan fisik emas dan berbagai layanan turunan berbasis transaksi dengan dukungan dari ABI Komoditi Berjangka sebagai anggota bursa ICDX dan lembaga kliring ICH.

Baca Juga: ICDX siapkan ekosistem terpadu untuk mitigasi risiko perdagangan emas digital

Dengan terkoneksi dengan beberapa mitra multi industri, termasuk ICDX dan ICH, ke depannya ekosistem perdagangan syariah PosGold akan ditopang oleh rencana pembangunan fasilitas penyimpanan emas berskala international yang telah dirumuskan dalam grand plan PosGO Syariah di awal pembentukan oleh PT Pos Indonesia dan mitra strategisnya.

“Transaksi emas yang terjadi melalui PosGO Syariah akan difasilitasi oleh bursa ICDX dan Kliring ICH dan akan menjadi pondasi dalam pengembangan fitur aplikasi PosGO Syariah. Hal ini tentunya akan menjadi mekanisme pengawasan dan manajemen data transaksi komprehensif dalam perdagangan emas fisik digital agar bisa sesuai dengan ketentuan regulator” ujar Yohanes Silaen, Vice President Membership ICDX Group dalam keterangan resmi, Sabtu (17/4).

Dengan terhubungnya PosGO Syariah dengan ekosistem perdagangan berjangka komoditi melalui ICDX dan ICH dipandang akan menjadi momentum terciptanya layanan transaksi yang mudah diakses berkelas internasional di Indonesia. Melalui layanan ini, ICDX – ICH dan PT Pos Indonesia serta mitra diharapkan akan memberikan tambahan pilihan bagi masyarakat terutama  karyawan, investor, profesional, kalangan bisnis dan pihak lainnya untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk emas murni fisik batangan yang dapat ditransaksikan secara digital.

PosGO Syariah juga diharapkan dapat memberikan peluang utilisasi perdagangan emas dalam kebutuhan sehari-hari dan transaksi bisnis.

Selanjutnya: ICDX & ICH menyelesaikan persyaratan sebagai penerima dan pendaftaran aset kripto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×