kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah di level tertinggi dua bulan karena pasokan yang terbatas


Kamis, 23 September 2021 / 22:00 WIB
Harga minyak mentah di level tertinggi dua bulan karena pasokan yang terbatas
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah naik pada perdagangan Kamis (23/9), didukung oleh meningkatnya permintaan bahan bakar dan menipisnya persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) karena produksi tetap terhambat di Teluk Meksiko setelah dua badai.

Melansir Reuters pukul 21.05 WIB, harga minyak mentah Brent naik 28 sen atau 0,4% menjadi US$76,47 per barel pada 1336 GMT (9:36 pagi EDT). Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 43 sen atau 0,6% menjadi US$72,66 per barel.

Di awal sesi, Brent naik menjadi US$76,53 per barel, level tertinggi sejak pertengahan Juli.

Baca Juga: Harga minyak memanas, begini efeknya ke emiten pengguna minyak

"Harga minyak terus berkembang pada momentum kendala pasokan di Teluk Meksiko AS, yang tercermin dalam laporan penarikan persediaan minyak mentah yang besar pekan lalu," kata analis Rystad Energy Louise Dickson.

Kedua kontrak melonjak 2,5% pada hari Rabu setelah data dari Administrasi Informasi Energi AS menunjukkan stok minyak mentah AS dalam seminggu hingga 17 September turun 3,5 juta barel menjadi 414 juta - total terendah sejak Oktober 2018.

Harga minyak juga mendapat dukungan karena beberapa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+, berjuang dalam beberapa bulan terakhir untuk meningkatkan produksi karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun atau penundaan pekerjaan pemeliharaan karena pandemi

Menteri perminyakan Irak mengatakan pada hari Rabu OPEC+ sedang bekerja untuk menjaga harga minyak mentah mendekati $70 per barel karena ekonomi global pulih. Kelompok ini akan bertemu pada 4 Oktober.

Dolar, yang biasanya memiliki hubungan terbalik dengan harga komoditas, termasuk minyak, sedikit turun dari level tertinggi satu bulan, setelah Federal Reserve mengisyaratkan akan segera mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan dan menetapkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi tahun depan, tetapi sisakan ruang bernapas yang cukup untuk memperlambat segalanya jika perlu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×