kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak menguat lagi, WTI tembus ke level tertinggi dalam 7 tahun


Senin, 25 Oktober 2021 / 08:57 WIB
Harga minyak menguat lagi, WTI tembus ke level tertinggi dalam 7 tahun
ILUSTRASI. Harga minyak WTI melonjak


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak mentah menguat pada hari ini dan memperpanjang kenaikan sebelum akhir pekan, dengan minyak mentah Amerika Serikat (AS) mencapai level tertinggi dalam tujuh tahun. Sentimen utama masih datang dari pasokan global yang tetap ketat di tengah permintaan yang kuat di seluruh dunia usai ekonomi pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Senin (25/10) pukul 08.45 WIB, harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2021 naik 26 sen atau 0,3% ke US$ 85,79 per barel. Harga Brent kontrak ini mendekati level tertinggi dalam tiga tahun di US$ 86,10 per barel yang yang dicapai Kamis lalu.

Serupa, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Desember 2021 juga menguat 48 sen atau 0,6% menjadi US$ 84,24 per barel, setelah naik 1,5% pada hari Jumat. Ini menyentuh level tertinggi sejak Oktober 2014 di US$ 84,28, di awal sesi.

"Sentimen bullish terus mendukung harga minyak karena pasokan global tetap ketat pada saat permintaan pulih dari pandemi," kata Toshitaka Tazawa, analis di Fujitomi Securities Co Ltd.

Baca Juga: Harga emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 929.000 per gram pada hari ini (25/10)

"Tetapi keuntungan langsung untuk kontrak jangka terdekat WTI mungkin terbatas mengingat kemunduran yang semakin tajam," kata Tazawa.

Kontrak berjangka WTI saat ini berada dalam keterbelakangan yang curam, yang berarti perdagangan kontrak di kemudian hari berada pada harga yang lebih rendah dari kontrak saat ini. Biasanya bulan-bulan berikutnya diperdagangkan dengan harga yang lebih tinggi, yang mencerminkan biaya penyimpanan minyak.

Harga minyak juga telah didukung oleh kekhawatiran tentang kekurangan batubara dan gas di China, India dan Eropa, yang mendorong peralihan bahan bakar ke solar dan bahan bakar minyak untuk pembangkit listrik.

Mencerminkan sentimen pasar yang kuat, pengelola uang menaikkan posisi beli minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi dalam pekan hingga 19 Oktober, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) mengatakan pada hari Jumat.

Selama akhir pekan, putra mahkota Arab Saudi mengatakan bahwa pengekspor minyak utama dunia bertujuan untuk mencapai "net zero" emisi gas rumah kaca, sebagian besar dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, pada tahun 2060, atau 10 tahun lebih lambat dari AS.

Sementara itu perusahaan energi AS pekan lalu memangkas rig minyak dan gas alam untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu bahkan ketika harga minyak naik, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan cermat pada hari Jumat.

Selanjutnya: Simak proyeksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk hari ini (25/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×